Polman Rancang Pengembangan Kebun Raya – Radar Sulbar
Polman

Polman Rancang Pengembangan Kebun Raya

BUPATI Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar saat mengunjungi kawasan Kebun Raya Bulo, Sabtu 2 Februari 2019. (IST/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat terus melakukan pengembangan obyek wisata. Kali ini menyasar Kebun Raya Bulo di Kecamatan Bulo.

Awalnya kawasan Kebun Raya Bulo merupakan perkebunan durian otong yang dikembangkan warga setempat. Kawasan agrowisata yang terletak diatas ketinggian 500 meter dari permukaan laut tersebut kini mencapai 100 hektare.

Beberapa tahun terakhir ini, Pemkab Polman bekerja sama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dalam persiapan pengembangan Kebun Raya Bulo pada lahan sekira 100 hektar.

Merupakan kawasan buah. Didominasi durian, rambutan dan langsat yang merupakan milik warga setempat.

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar mengatakan dalam waktu dekat akan segera membuat master plan Kebun Raya Bulo integratif. Nantinya, dipromosikan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Sulbar.

“Aksesbilitas perbaikan infrastruktur telah digenjot baik dari Polewali menuju Bulo maupun di area Kebun Raya Bulo. Kawasan ini akan menjadi kebun raya pertama di Sulselbar olehnya itu perlu didesain dengan baik. Saat ini kebun raya Bulo telah ditanami buah durian, langsat dan rambutan, kedepannya semua jenis buah harus tersedia sehingga bisa dikatakan kebun raya,” ujar bupati.

Dukungan warga setempat juga dibutuhkan. Terutama perubahan pola pikir masyarakat harus semakin baik dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Menata rumah supaya dapat ditempati nginap oleh para pengunjung dan yang paling penting masyarakat harus ramah terhadap tamu yang datang,” harap bupati. (mkb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top