Tersangka Kasus Penipuan CPNS Masih Berkeliaran – Radar Sulbar
Ragam

Tersangka Kasus Penipuan CPNS Masih Berkeliaran

WADIRKRIMUM Polda Sulbar AKPB Iskandar, Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Mashura Mappeare, Kasubit III Dirkrimum Polda Sulbar AKBP Andi Mappijaji mengurai kasus dugaan penipuan CPNS di Mako Polda Sulbar, Kamis lalu. (imr/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Kepolisian Daerah (Polda) Sulbar meningkatkan status kasus dugaan Penipuan CPNS yang menyeret Kantor Wilayah KemenkumHAM Sulawesi Barat.

“Ada beberapa orang yang berupaya melakukan kegiatan dengan janji kepada calon CPNS. Janji untuk dilulusukan, ternyata tidak benar. Dan kemarin kita sudah naikkan ke tingkat sidik. Ada beberapa alat yang diamankan. KTP, SK palsu, dan kwitansi,” jelas Wakil Direktur Reserse Kriminal Umun (Wadirkrimum) Polda Sulbar, AKBP Iskandar di Mako Polda Sulbar, belum lama ini.

Hasil identifikasi sementara, tercatat 40 orang lebih korban dengan kerugian ditaksir sudah Rp2,8 miliar. Besar kemungkinan angka-angka itu akan bertambah. Begitupun tersangkanya.

Polda Sulbar menetapkan tersangka dengan inisial IR yang saat ini masih bebas berkeliaran. IR sudah dua kali diperiksa oleh penyidik Polda Sulbar. Menurut Iskandar, ada jaminan dari tersangka tidak akan melarikan diri sehingga yang bersangkutan belum ditahan.

Selain itu, penyidik Polda Sulbar juga masih mengumpulkan fakta-fakta lain atas kasus tersebut, termasuk memeriksa internal KemenkumHAM Sulbar. Toal saksi yang sudah diperiksa mencapai 20 orang. Termasuk didalamnya 16 korban.

Mereka mengaku mengikuti proses perekrutan yang telah disusun dalam tiga gelombang oleh tersangka. Dan dari sekian banyak korban yang sudah diperiksa, terdapat satu anak dari personel Polda Sulbar ikut tertipu. Kepolisian memperkirakan ada lebih dari 60 korban.

“Dari berbagai daerah, Mamuju, Polman, Majene, bahkan ada sampai di Bulukumba (Sulawesi Selatan),” beber Kasubdit Tiga Direktorat Kriminal Umum Polda Sulbar, AKBP Andi Mappijaji yang juga merinci bahwa tersangka IR berlatar seorang calon legislatif Dapil Sulbar. (imr/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top