Berharap Pesanan tak Surut – Radar Sulbar
Features

Berharap Pesanan tak Surut

Haeruddin sementara membuat perahu jenis katinting, Senin 14 Januari. (mabrur/RDR)

DARI perahu kecil atau Lepa-lepa, Sandeq, hingga Katinting telah ia buat dengan kedua tangannya.

LAPORAN: MUH MABRUR, MAJENE

HARI itu, Haeruddin (42) tengah sibuk di bengkel kecilnya. Meratakan sambungan papan di sebuah perahu. Perahu jenis Katinting.

Dia mengerjakan pesanan ini di bengkel kecil di kolong rumahnya, Lingkungan Cilallang, Kelurahan Pangali-Ali, Kecamatan Banggae, Majene.

Sudah sepekan dia mengerjakan perahu tersebut. Kali ini, kliennya berasal dari Polewali, Polman. Jika rutin bekerja, pesanan ini bisa tuntas kurang dari sebulan.

Menurut Haeruddin, pesanan yang datang umumnya sekali sebulan. Kalau beruntung sampai dua pesanan dalam satu bulan.

Sejak umur belasan tahun ia sudah melakoni pekerjaan sebagai tukang pembuat perahu. Mulai dari perahu kecil hingga perahu ukuran agak besar.

Meski usia kini sudah tergolong tidak muda lagi, namun hasil kerja Haeruddin tetap sama indah, bersih, dan cantik. Sehingga banyak orang yang datang meminta dibuatkan perahu.

“Ada dari Polewali, Malunda, Tinambung, hingga Mamuju kisini, di rumah minta dibuatkan perahu,” ucapnya, Senin 14 Januari saat ditemui.

Dari hasil kerja itu, dia menghidupi istri dan tiga anak. Si sulung kini mengenyam pendidikan di sekolah menengah pertama. Anak kedua dan ketiga, masing-masing kelas 4 dan 6 sekolah dasar.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top