Gaji 23 ASN Korup Dihentikan – Radar Sulbar
Ragam

Gaji 23 ASN Korup Dihentikan

Kepala BKD Sulbar, Amujib saat meladeni awak media.

RADARSULBAR.CO.ID — Gaji dan tunjangan 23 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sulawesi Barat disetop.

Kebijakan pemberhentian ini, sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB).

Surat ini bernomor: 182/6597/SJ Nomor 15 Tahun 2018, Nomor 153/KEP/2108 tentang penegakan hukum terhadap PNS yang telah dijatuhi hukuman berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan dan tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan.

Selain itu, sesuai Pasal 87 ayat (4) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara jo Pasal 251 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS.

Berlaku di semua provinsi. Untuk Sulbar, kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulbar Amujib, SK pemecatan masih menunggu koreksi gubernur. “Masih di meja gubernur, masih mau dikoreksi,” ujar Amujib, Rabu lalu.

Sebenarnya, kata dia, kebijakan ini sudah sangat terlambat. Bahkan, sempat mendapat teguran sebab Sulbar melampirkan surat pemberhentian itu melewati waktu yang ditetapkan yakni, 31 Desember.

Sayangnya Amujib enggan menyebutkan identitas ASN dimaksud. Persoalan etika, katanya. Pastinya, semua tersandung kasus pidana tindak pidana korupsi (Tipikor). “Mereka ini yang terkait kasus pidana korupsi yang statusnya kasus sudah jelas dari pengadilan. Sudah inkrah,” tegas Amujib.

Dia pun menegaskan, sejak berlakunya keputusan bersama Kemendagri dan Kemenpan-RB itu, maka sejak 31 Desember pihaknya sudah memberhentikan gaji dan tunjangan terhadap ASN tersebut. “Gaji pensiun dan lain-lain itu, sudah disetop,” ujar Amujib menegaskan. (imr/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top