Pemilu, Muhammadiyah Sulbar Tegaskan Netralitas – Radar Sulbar
Politik

Pemilu, Muhammadiyah Sulbar Tegaskan Netralitas

Wahyun Mawardi

RADARSULBAR.CO.ID — Sejak terbentuk, Muhammadiyah tak terlibat politik praktis. Kondisi ini akan tetap terjaga. Netral, tak terikat politik praktis.

Demikian penekanan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulbar, Wahyun Mawardi di sela peringatan Milad ke-106 Muhammadiyah di Pelataran Kampus STIE Muhammadiyah Mamuju, Sabtu 5 Januari. Prinsip Muhammadiyah tersebut, tak akan berubah.

Sikap netral ini karena Muhammadiyah memiliki posisi penting sebagai salah satu ormas besar Islam yang sudah berusia lebih dari satu abad. Namun demikian, pihaknya tetap memberikan keleluasaan kepada seluruh kader Muhammadiyah Sulbar untuk menyalurkan aspirasi pribadi.

“Kita menjaga perilaku politik Muhammadiyah, yakni tidak mendukung secara resmi partai politik dan pasangan calon capres-cawapres. Meski tidak dipungkiri sebagian kader jadi aktivis parpol,” terang Wahyun.

Seperti yang diketahui bersama, beberapa ormas terang menyuarakan dukungan di Pemilu Serentak tahun ini. Kondisi ini dinilai mengarah pada politik identitas.

“Muhammadiyah sangat menganjurkan supaya tidak golput. Muhammadiyah juga tidak ingin ada istilah politik identitas. Karena ini adalah merupakan agenda bangsa,” ujarnya.

Wahyun menambahkan, tidak berafiliasi dengan Capres dan Parpol, demi menjaga Khitah dan Marwah organisasi, sebab Muhammadiyah merupakan rumah bersama bagi bangsa Indonesia. (m2/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top