PDAM Mamuju Target Lima Besar Nasional – Radar Sulbar
Radar Metro

PDAM Mamuju Target Lima Besar Nasional

DIREKTUR PDAM Tirta Manakarra Mamuju Muh. Nur, menjelaskan kinerja perusahaan yang dipimpinnya. (ist/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID – Sebelas kali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manakarra Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat makin termotivasi bekerja.

Tahun ini, PDAM menargetkan akan masuk dalam deretan lima besar PDAM terbaik se Indonesia. Target tersebut disampaikan Direktur PDAM Tirta Manakarra Muh. Nur, di kantornya.

Optimisme itu lahir karena selain mendapat predikat WTP, PDAM Mamuju juga dinobatkan sebagai PDAM kategori kecil yang sehat dan berkinerja baik se-Indonesia sejak tahun 2011 hingga 2017.

Tak hanya itu, pada tahun ini, perusahaan itu mampu mempertahankan predikat baiknya dengan menjadi PDAM Tingkat Menengah Terbaik se Indonesia Timur, sekaligus menjadi terbaik ketiga setelah PDAM Makassar dan PDAM Gorontalo di semua tingkatan PDAM baik Kecil, menengah maupun besar se Indonesia Timur.

“Sejak 2018 lalu, kami sudah masuk dalam kategori PDAM Tingkat Menengah dengan jumlah pelanggang di atas lima belas ribu. Alhamduulillah kami dinobatkan sebagai PDAM Tingkat Menengah terbaik se Indonesia Timur,” ucap Muh. Nur.

PDAM Tirta Manakarra Mamuju, catatkan kinerja baik selama tahun 2018. Perusahaan plat merah ini diharapkan mampu memenuhi ketersediaan air bersih dengan baik. Setiap tahun, PDAM Tirta Manakarra terus memacu diri memaksimalkan pelayanan. Hasilnya, kinerja perusahaan ini terus menanjak grafiknya setiap tahun.

Muh. Nur, menyampaikan beberapa indikator yang mengantarkan perusahaan yang dipimpinnya mampu mencapaian kinerja terbaik. Diantaranya, pembenahan tingkat kehilangan air, peningkatan SDM dengan berbagai kegiatan upgrading kompetensi karyawan, hingga peningkatan respon terhadap permasalahan di lapangan.

“Dari hasil audit kinerja tahun ini, kami mencapai peningkatan kinerja hingga enam digit dari tahun lalu. 2017 lalu, kami ada diangka 3,39, dan tahun ini Alhamdulillah kami dapat mencapai angka 3,93,” ungkap Muh. Nur.

Dalam hal perolehan hasil kinerja ini, jika diukur dari tingkat kesehatan manajemen PDAM, lanjut Muh. Nur, sangat sulit memperoleh peningkatan kinerja bahkan satu digit saja. Namun pihaknya mampu mengangkat kinerjanya hingga enam digit.
“Jika ini dapat kami pertahankan di tahun 2019, maka PDAM Mamuju akan masuk dalam jajaran lima besar PDAM terbaik di Indonesia, baik kecil, menengah maupun besar,” ujar Muh. Nur.

Dari sisi keuangan, PDAM Mamuju juga mampu menjaga stabilitas keuangan perusahaan sehingga tidak terpengaruh terhadap perubahan harga dan kondisi ekonomi nasional. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top