“Door To Door” Rekam e-KTP – Radar Sulbar
Mamasa

“Door To Door” Rekam e-KTP

Semuel B

RADARSULBAR.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat jemput bola ke rumah-rumah warga yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Pelaksanakan pelayanan keliling perekaman dari pintu ke pintu ini diprioritaskan kepada pemilih pemula yang belum memiliki e-KTP. Sejalan edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/24150/DUKCAPIL terkait agenda perekaman e-KTP kepada pemilih di SMU, SMK, Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi, serta tempat lain dengan potensi pemilih pemula.

Kepala Disdukcapil Mamasa, Semuel B mengaku sebelum adanya surat edaran dari Mendagri pihaknya telah berkeliling di 17 Kecamatan. “Itu kami lakukan sejak tahun 2017 lalu. Bahkan sudah ada kecamatan yang dua kali kami datangi perekaman jemput bola,” terang Semuel, Jumat kemarin.

Ia mengaku, di lapangan beberapa warga memiliki data ganda. “Karena ada yang telah melakukan perekaman, padahal mereka mengaku belum perekaman,” beber Semuel.

“Jika data telah duplikat, harus melalui prosedur panjang, karena harus dihapus di pusat bukan di kabupaten,” sambungnya.

Karena itu, Disdukcapil Mamasa akan kembali melakukan pemuktahiran data penduduk. “Kita kembali datangi rumah ke rumah di tahun ini,” tandasnya. (r4/mkb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top