SIPBM Pendukung Perencanaan Pembangunan Desa – Radar Sulbar
Mamuju

SIPBM Pendukung Perencanaan Pembangunan Desa

KEPALA DPMD Sulbar, Muhammad Jaun menyampaikan arahan pada peserta bimbingan peningkatan kapasitas pendamping profesional di Hotel Marannu Mamuju, Kamis 22 November 2018. (darman/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Barat, menggelar bimbingan peningkatan kapasitas pendamping profesional di Hotel Marannu Mamuju, Kamis 22 November, malam.

Tujuannya, meningkatkan kapasitas tenaga pendamping profesional dalam memasilitasi pelaksanaan program pemerintah sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Kepala DPMD Sulbar, Muhammad Jaun mengatakan, awal mulanya kegiatan ini untuk penguatan Program Inovasi Desa (PID). Tapi karena PID sudah banyak orientasinya dan sudah ada yang didukung oleh dana dekosentrasi, sehingga pendanaan untuk peningkatan kapasitas dialihkan untuk SIPBM. “Kegiatan ini adalah sebuah metode yang baik untuk penyediaan data di desa secara mandiri,” ujarnya.

Berdasarkan data, selama empat tahun dana desa berjalan, sekitar 80 persen pemanfaatannya masuk ke fisik. Untuk bidang pendidikan baru 1,4 persen, kemudian ekonomi lokal sekira 14 persen dan lainnya.

Tidak ada pengayaan-pengayaan program lainnya. Olehnya, lahir program PID melalui SIPBM. “Kita harapkan SIPBM ini bisa mendukung pengayaan-pengayaan program di dalam merencanakan pembangunan di desa,” ujar mantan Kadis Ketahanan Pangan Sulbar ini.

Muhammad Jaun meneruskan, awalnya SIPBM ini di arahkan untuk pendataan kepentingan pendidikan.

“Makanya saya tertarik untuk menjadikan SIPBM ini sebagai bahan ajar utama untuk pendamping profesional. Ini sangat penting. Mudah-mudahan kita semua bisa mengikuti meskipun waktunya sangat singkat. Mudah-mudahan kedepan, kita tetap menjadikan SIPBM ini sebagai program utama,” lanjutnya.

Muhammad Jaun berharap, program SIPBM segera memiliki payung hukum sendiri, karena dianggap penting untuk menjaga data dalam dasar perencanaan desa. Bahkan di seluruh pemerintahan.

Diharapkan SIPBM ini bisa menjadi daya dukung utama di dalam proses perencanaan. (ian)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top