Wagub Sulbar: Ayo Imunisasi Anak-anak Kita ! – Radar Sulbar
Ragam

Wagub Sulbar: Ayo Imunisasi Anak-anak Kita !

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar diapit Kadis Kesehatan Sulbar, Ahmad Azis (kiri) dan Sekretaris MUI Sulsel, Prof Muhammad Galib. (erul/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, gencar meluruskan polemik vaksin campak dan rubella (MR) yang ramai dibicarakan. Boleh digunakan demi menjamin tumbuh kembang anak yang lebih baik.

“Dari MUI (Majelis Ulama Indonesia,red) menyatakan bahwa vaksin itu dibolehkan. Kita akan sosialisasi agar lebih jelas, lebih terang lagi”, ujar Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar usai membuka sosialisasi terkait vaksin MR di Mamuju, belum lama ini.

Pemberian vaksin ini tengah berjalan, dan kini menyasar kawasan Timur Indonesia, termasuk Sulbar. Sayangnya, sejumlah orang tua tidak bersedia anak mereka diberi imunisasi dengan alasan vaksin tersebut dikhawatirkan. Sebab tanpa label halal. “Isu halal-haram ini sudah klir. Manfaatnya lebih besar dan ini darurat, maka imunisasi ini dibolehkan”, sambungnya.

Sulbar, kata Wagub, menarget dapat menuntaskan pemberian vaksin MR minimal 95 persen hingga akhir September nanti. Sejauh ini, progres yang ada baru 37 persen.

“Kita akan siapkan imbauan kepada seluruh sekolah di Sulbar untuk laksanakan imunisasi ini. Mari bersama mengajak putra putri kita untuk vaksin MR. Setelah September tidak gratis lagi, dan vaksin itu sangat mahal, di atas Rp1 juta”, ujar Enny.

Wakil Gubernur menekankan bahwa imunisasi memiliki peran strategis memutus rantai penyakit dalam lingkungan masyarakat. Sekaligus sebagai upaya mencegah kejadian luar biasa yang telah berlangsung di daerah lain.

Sasaran utama imuniasasi MR adalah anak 9 bulan hingga 15 tahun yang memang rentan terkena penyakit campak dan rubella. “Ayo bawa anak-anak kita imunisasi! Kesempatan sampai September ini, pemerintah menggratiskan. Mari bersama menggalakkan imunisasi MR menuju Sulbar sehat, bangsa produktif dan berdaya saing tinggi”, harap Enny.

Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulbar, Misbahuddin. (erul/RDR)

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top