Pusaka Mandar Salogang, Eksis Merawat Warisan – Radar Sulbar
Features

Pusaka Mandar Salogang, Eksis Merawat Warisan

Sejumlah pusaka di rumah Komunitas Pusaka Mandar Salogang di Barane Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur, Majene, beberapa waktu lalu. (IST)

PUSAKA merupakan peninggalan kebudayaan yang sangat berharga. Tiap daerah memiliki senjata khas sejak masa kerajaan. Ada untuk alat pertahanan ataupun perang yang umumnya dipakai para panglima perang.

Laporan: Edyatma Jawi

Seiring perkembangan zaman, senjata tradisional tak lagi digunakan sebagai alat pertahanan maupun peperangan. Kini statusnya menjadi benda peninggalan kebudayaan yang sangat berharga.

Keberadaan benda pusaka di beberapa daerah juga mulai tergerus. Diperparah maraknya perdagangan benda pusaka termasuk senjata. Saat ini hanya segelintir masyarakat yang masih tetap menjaga warisan kearifan lokal tersebut.

Salah satu yang masih berupaya menjaga benda pusaka peninggalan sejarah adalah Sapri Sarbin. Warga Battayang Kelurahan Banggae Kecamatan Banggae, Majene itu memang merupakan pecinta sekaligus kolektor benda pusaka khas Mandar. Ia memiliki koleksi hingga ratusan bilah pusaka khas Mandar. Mulai tombak, jambia atau badik, keris hingga kondobulo.

Keprihatinan melihat kondisi senjata tradisional yang mulai tergerus zaman, membuatnya berinisiatif membentuk komunitas pecinta pusaka. Komunitas itu dinamakan Pusaka Mandar Salogang.

Komunitas itu dibentuk sejak 1 Juli 2014 silam. Membernya berasal dari Kecamatan Banggae Timur hingga Malunda dan Ulumanda. “Ada beberapa dari daerah luar yang juga sudah menyatakan minat mau bergabung. Ada yang dari Mamuju ada juga dari Makassar,” ungkap Sapri yang dikenal dengan sapaan Appi.

Appi menekankan bahwa tujuan membentuk komunitas pusaka, tak lain untuk melestarikan warisan leluhur sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda saat ini. Ia ingin mengajak pecinta pusaka untuk tetap menjaga dan merawat peninggalan bersejarah yang tak ternilai itu.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top