DP3AP2KB Sulbar Kuatkan Pemahaman Terkait Gender – Radar Sulbar
Radar Metro

DP3AP2KB Sulbar Kuatkan Pemahaman Terkait Gender

KABID Kualitas Hidup Perempuan, Keluarga, Data dan Informasi DP3P2KB Sulbar, Shadri Nuranty menyampaikan arahan dalam pelatihan PUG melalui PPRG di Mamuju, Selasa. (darman/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sulawesi Barat menggelar pelatihan Percepatan Pengarusutamaan Gender melalui Perencanaan Penganggaran Responsif Gender di Matos Mall & Hotel, Mamuju, Selasa lalu.

Tujuannya, memperkuat kapasitas kelembagaan DP3AP2KB Sulbar dalam mengawal pelaksanaan PPRG di provinsi serta mendorong tersusunnya RKA DP3AP2KB Sulbar tentang responsive gender melalui instrumen analisis gender dan gender budget statement.

Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Keluarga, Data dan Informasi DP3P2KB Sulbar, Shadri Nuranty menerangkan bahwa pemerintah menyepakati untuk mempercepat pelaksanaan Pengarus Utamaan Gender (PUG) dan telah ditetapkan Strategi Nasional (Stranas) tentang percepatan pelaksanaan PUG melalui PPRG.

“Dalam Stranas tersebut, pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota diharuskan melaksanakan PPRG menjadi lebih terarah, sistematis dan sinergis baik ditingkat pusat maupun daerah,” ujarnya.

Transisi pemerintahan 2015-2019, lanjut Shadri, telah membawa perubahan pada struktur organisasi, tugas dan fungsi dari beberapa kementerian, lembaga dan daerah. Hal ini juga berdampak kepada pelaksanaan PUG didaerah serta mekanisme perencanaan program dan kegiatan yang telah disusun.

Di pemerintahan Sulbar, kata dia, perlu diperkuat kembali pemahaman tentang isu gender, khususnya dikalangan para perencana program atau kegiatan agar perencanaan dan penganggaran kegiatan di daerah baik provinsi maupun kabupaten mengintegrasikan isu gender dalam kebijakan dan program-programnya.

“Secara khusus saya mengingatkan kembali komitmen kita semua untuk melakukan perubahan lebih baik, dengan adanya kegiatan pelatihan PUG melalui PPRG di Sulbar yang harus didukung pemerintah,” ujarnya. (ian/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top