Penguatan Politik Bagi Perempuan – Radar Sulbar
Politik

Penguatan Politik Bagi Perempuan

Suasana penguatan politik bagi perempuan di Sulbar. (imran/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Tak banyak perempuan mendapat posisi strategis di partai politik (parpol) dan parlemen. Sebab itu, mereka perlu pendidikan politik untuk menjadi lebih mumpuni.

Apalagi UU Kepemiluan telah mendorong parpol agar mengakomodir keterwakilan perempuan. Demikian penuturan Aditia Perdana selaku pemateri kegiatan peningkatan kapasitas politik bagi perempuan yang diikuti sekira 70 peserta. Peserta umumnya pendaftar pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 di wilayah Sulawesi Barat.

Menurut Aditia, perempuan dalam politik sesungguhnya melakukan emansipasi dan perubahan. “Perempuan ketika menempati sebuah posisi strategis di suatu daerah, itu akan menjadi ikon sekaligus kebanggaan suatu daerah”, ujarnya.

Dinamika yang terjadi di beberapa daerah, lanjut Aditia, termasuk di Sulbar, menunjukkan adanya fakta bahwa perempuan hanya bisa menempati posisi di pemerintahan dan parlemen ketika memiliki modal materi atau berasal dari kelangan keluarga pejabat.

Olehnya, perlu pendidikan politik terhadap perempuan agar dalam parpol tidak hanya diperankan sebagai pelengkap. Belum lagi, dengan ketentuan UU kepemiluan saat ini hanya mengimbau kepada parpol untuk memenuhkan kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

Kabid Kualitas Hidup Perempuan Data dan informasi Dinas PPA Kependudukan dan KB Sulbar, Shadri Nuranti berharap pembekalan pendidikan politik bagi perempuan, dapat menghasilkan caleg perempuan berkualitas dan mumpuni. “Selain itu, keterwakilan perempuan di Sulbar dapat penuhi kuota 30 persen duduk di parlemen”, ungkapnya. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top