Penetapan Paslon Terpilih, KPU Polman Tunggu Surat MK – Radar Sulbar
Politik

Penetapan Paslon Terpilih, KPU Polman Tunggu Surat MK

M. Danial

RADARSULBAR.CO.ID — Pascapleno penetapan perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Polewali Mandar, KPU Polman, Provinsi Sulbar, tak langsung melakukan penetapan pasangan calon terpilih, lantaran harus membuka ruang bagi kontestan yang hendak melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal ini sesuai Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2018 yang menyebut bahwa dalam tahapan penetapan Bupati dan Wakil Bupati/Walikota, bila tanpa gugatan, maka penetapan dilaksanakan setelah MK mencantumkan permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) dalam Buku Register Perkara Konstitusi (BPRK).

Olehnya, Ketua KPU Polman M. Danial menekankan, penetapan pemenang Pilbup Polman harus menunggu salinan keputusan Kepaniteraan MK terkait register permohonan PHP dalam Pilkada Serentak 2018. “Dengan dasar surat MK, pilkada yang tidak ada permohonan PHP ke MK, maka akan menetapkan paslon terpilih. Jika ada (permohonan,red), masih menunggu hasil sidang PHP,” terang Danial.

Sementara pencatatan dalam BRPK, baru akan berlangsung pada 23 Juli mendatang. Ini merujuk Peraturan MK 7 Tahun 2018 tentang Tahapan, Kegiatan dan Jadwal Penanganan Perkara PHP Gubernur, Bupati dan Walikota.

Setelah pencatatan rampung, pihak MK akan bersurat kepada KPU. Dokumen ini kemudian diteruskan ke KPU provinsi, kabupaten/ kota yang tahun ini menyelenggarakan pilkada serentak. “Intinya, setelah MK menerbitkan BRPK, disampaikan ke KPU RI. Selanjutnya KPU akan sampaikan ke semua satker KPU provinsi, kabupaten/ kota yang ajukan PHP. Dengan dasar itu, paling lama 3 hari KPU menggelar pleno penetapan paslon terpilih,” urai Danial.

Pleno rekapitulasi suara Pilbup Polman pada 4 Juli, lalu, menetapkan paslon Andi Ibrahim Masdar-Muh. Natsir Rahmat dengan 121.328 suara atau 55,34 persen. Sedang paket Salim S. Mengga-Marwan mengantongi 97.889 suara atau 44,66 persen. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top