Tersalur, Logistik Pilbup Dua Daerah di Sulbar – Radar Sulbar
Politik

Tersalur, Logistik Pilbup Dua Daerah di Sulbar

Proses pendistribusian logistik Pilbup Polewali Mandar di Kecamatan Alu, Senin 25 Juni 2018. (ist)

RADARSULBAR.CO.ID — Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, berlangsung besok (27 Juni 2018). KPU Polman memastikan logistik Pilbup sudah tiba di kecamatan, kemudian ke desa atau kelurahan. Selanjutnya didrop ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pada hari pemilihan.

Ketua KPU Polman M. Danial menerangkan, penyaluran logistik telah sampai untuk seluruh wilayah kecamatan yang diawali daerah terjauh. Salah satunya Kecamatan Alu. Disini, petugas harus menyeberangi sungai dan melalui medan sulit demi mendistribusikan logistik tepat waktu. “Seperti pendistribusian ke Desa Puppuring di Kecamatan Alu,” terang Danial. Di desa ini tercatat ada 4 TPS.

Khusus untuk kecamatan dengan akses mudah, logistik terkirim Selasa 26 Juni hingga sebelum waktu pencoblosan. KPU pun menjamin logistik dalam keadaan tersegel dan dikawal aparat keamanan.

Sementara itu, pendistribusian logistik PPK Balanipa ke PPS ini, menggunakan alat transportasi motor roda tiga. Dua hari jelang Pilbup Polman, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Balanipa mendistribusi ke tiap PPS untuk disalurkan ke seluruh KPPS.

Logistik tersebut diangkut motor roda tiga yang dikawal secara ketat anggota Panwascam dan aparat kepolisian. “Motor roda tiga kapasitasnya terbatas. Setiap jalan hanya 10 kotak suara yang bisa dimuat. Kita terpaksa bolak balik,” jelas Ketua PPK Balanipa Rustam.

Pengangkutan logistik pemilihan bupati menuju Desa Puppuring Kecamatan Alu, Polewali Mandar, Sulbar

Selain Polman, Kabupaten Mamasa di Sulbar juga akan melangsungkan pemilihan bupati dan wakil bupati. Akumulasi surat suara untuk dua kabupaten, mencapai 416.788 lembar dan terus bergerak ke TPS.

Untuk Pilbup Mamasa, tercatat 114.693 surat suara didistribusikan ke 488 TPS. Sementara Pilkada Polman, tercata 302.095 lembar suara
untuk 795 TPS. Demikian penjelasan Komisioner KPU Sulbar, Farhanuddin.

Penyaluran secara bertahap sejak 25 Juni dengan mendahulukan daerah-daerah terpencil. “Pendistribusian kita prioritaskan daerah yang sulit dijangkau dulu. Dan kita berharap, tanggal 26 itu, semua logistik sudah siap,” sebutnya.

Dia menjelaskan, pada dua kabupaten tersebut, masih banyak daerah dengan akses jalan tak memadai, seperti daerah pegunungan sehingga cukup menyulitkan pendistribusian. Utamanya di wilayah Mamasa. Sedang di Polman terdapat daerah kepulauan yang harus dijangkau.

Hingga hari ini, belum ada laporan mengenai kendala dalam pendistribusian. “Semoga tidak ada cuaca buruk karena itu bisa menghambat, seperti jalan di pegunungan,” ungkapnya. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top