Gubernur Revisi PI Migas, Bupati Majene: Jangan Buat Aturan Sendiri – Radar Sulbar
Majene

Gubernur Revisi PI Migas, Bupati Majene: Jangan Buat Aturan Sendiri

Bupati Majene, Fahmi Massiara

RADARSULBAR.CO.ID — Polemik pembagian Participating Interest (PI) Migas Blok Sebuku antara Pemprov Sulawesi Barat dan Pemkab Majene terus menggelinding. Terkini, Pemprov Sulbar berambisi mengubah kesepakatan yang telah terbangun sebelumnya.

Namun, Pemerintah Kabupaten Majene berpegang pada keputusan awal saat persoalan ini ditangani langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla. Yakni, PI 5 persen tetap harus dibagi dua antara Pemprov Sulbar dan Pemkab Majene.

Itu juga sudah ditegaskan dalam notulensi rapat Pemprov Kalsel dan Sulbar yang dipimpin Wapres RI Jusuf Kalla, tahun 2015 silam. Untuk memperjelas pembagian hak PI, Rabu 6 Juni, Bupati Majene Fahmi Massiara bertolak ke Jakarta.

Bupati menyambangi SKK Migas, Kamis 7 Juni hari ini. Fahmi didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Iskandar serta Staf Ahli Bidang Pemerintahan Ilhamsyah. Bupati juga mengajak Ketua DPRD Majene Darmansyah, Ketua Badan Legislasi Abdul Wahab dan legislator lainnya Yahya Nur.

Fahmi Massiara menyampaikan, tujuan ke Jakarta untuk menemui SKK Migas guna memperjelas dan mempertegas kembali ketentuan pembagian PI. Sebab hasil konsultasi beberapa waktu lalu, SKK Migas menyampaikan pembagian PI harus merujuk pada arahan Wapres sesuai tertuang dalam notulensi rapat 2015. “SKK Migas sendiri yang bilang harus begini, sedangkan provinsi tidak mau begitu,” ujar Fahmi.

Bupati menegaskan, pembagian PI harus mematuhi ketentuan pemerintah pusat. Lagi pula gubernur juga merupakan perwakilan pemerintah pusat di daerah. “Jangan membuat aturan sendiri,” tegasnya. (edy/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top