Ancam Pemukiman, Penguatan Tebing Sungai Lariang Digenjot – Radar Sulbar
Pasangkayu

Ancam Pemukiman, Penguatan Tebing Sungai Lariang Digenjot

Proses penyusunan batu gajah untuk menguatkan tebing Sungai Lariang di Dusun Kalindu, Pasangkayu yang sempat jebol. (ist/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Penguatan tebing Sungai Lariang yang sempat jebol karena erosi, ditarget rampung dua pekan kedepan. Pembangunannya digenjot sebab mengancam pemukiman warga di Dusun Kalindu Desa Lariang, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat.

Ketua komisi III DPRD Pasangkayu, Yani Pepy Adriani mengatakan, berdasarkan pantauan pihaknya, pekerjaan tanggul jebol di Kalindu diperkirakan tinggal 15 meter dari target yang dikerjakan 80 meter.

“Saya ini adalah warga disini dan saya setiap hari memantau pekerjaan ini, dan kalau cuaca mendukung dan alat yang kerja juga mendukung, paling lama dua minggu lagi tanggul ini akan rampung, dan ini adalah berkat swadaya masyarakat, pemerintah desa dan PT. Astra Agro Lestari (AAL) yang ada di Kabupaten Pasangkayu ini,” ungkap Yani Pepy Adriani.

Penguatan tanggul menggunakan tiga unit exavator, satu Buldoser, dan tiga unit Dump Truck. Sementara masyarakat setempat, bertugas menyediakan makanan bagi pekerja secara bergiliran.

“Sebagai anggota DPRD, saya sangat menyayangkan tidak adanya sumbangsih pemerintah kabupaten biar satu rupiah sekalipun. Padahal ini adalah warganya dan kalau tidak ada tindakan cepat dari PT. Astra, mungkin dusun Kalindu ini sudah menjadi sungai,” urai Legislator dari Partai Demokrat itu.

Menurut Community Development Officer (CDO) PT. Letawa, Adhe Sigit, pekerjaan fokus ke mulut tanggul yang jebol sebagai antisipasi atas ancaman erosi Sungai Lariang.

“Lima anak perusahaan PT. Astra di areal Celebes I ini, sepakat menyelesaikan masalah itu, walaupun sampai sekarang kami dari pihak Astra belum mengetahui dapat anggarannya dari mana, yang terpenting masalahnya dapat teratasi,” beber Adhe Sigit. (asp/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top