Berharap Berkah dan Ketenangan Hidup – Radar Sulbar
Features

Berharap Berkah dan Ketenangan Hidup

Warga berziarah ke makam KH Muhammad Tahir (Imam Lapeo), Minggu 13 Mei 2018. (mabrur/RDR)

Jelang Ramadan, makam KH Muhammad Tahir atau yang lazim disapa Imam Lapeo menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi peziarah.

Laporan: MUH. MABRUR
Campalagian, Polewali Mandar

Kedatangan peziarah dari berbagai pelosok daerah ini, memiliki maksud beragam. Ada yang sekadar ingin berwisata sejarah religi, ada juga yang mengharap berkah.

KH Muhammad Tahir merupakan salah satu ulama besar di tanah Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Ia bahkan dikenal hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Semasa hidupnya, telah banyak orang yang datang padanya.

Begitu pun saat sudah meninggal, orang masih berbondong-bondong berziarah di makamnya. Utamanya pada waktu-waktu tertentu, seperti menjelang Ramadan dan pada saat Idul Fitri. Seperti yang terlihat, Minggu 13 Mei. Sejak pagi hari, kesibukan di dalam kompleks Mesjid Nuruttaubah Desa Lapeo Kecamatan Campalagian Polman, tempat makam Imam Lapeo berada, mulai terlihat.

Semakin matahari meninggi, Masjid Nuruttaubah malah semakin dipadati peziarah. Peziarah yang sudah bisa memasuki pelataran tempat berziarah langsung duduk dan melantunkan doa-doa.

Mereka tak datang sendiri-sendiri, tapi bersama rombongan keluarga, menggunakan kendaraan carteran maupun kendaraan pribadi demi berziarah ke makam ulama kharismatik ini. Makam Imam Lapeo terletak di samping Mesjid Nuruttaubah.

“Sudah sepekan ini selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah,” ujar pengurus mesjid Nuruttaubah, Firdaus, kepada Radar Sulbar.

Kata dia, sudah setiap tahun menjelang bulan Ramadan dan setelah lebaran peziarah ke makam Imam Lapeo meningkat. Selain warga Sulbar, kebanyakan yang datang yakni dari Pinrang, Sulsel. “Ada juga dari Kalimantan, namun yang paling banyak dari Bugis,” terang Firdaus.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top