Sulap Pekarangan jadi Lahan Ekonomis – Radar Sulbar
Features

Sulap Pekarangan jadi Lahan Ekonomis

Armin menabur bibit ikan nila di kolam terpal miliknya, Rabu 9 Mei 2018. (hasnur/RDR)

Apa yang dilakukan Armin, mungkin bisa menjadi inspirasi bagi warga Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Pasangkayu, daerah paling utara provinsi ini.

Laporan:
HASNUR, PASANGKAYU

Lelaki yang telah memiliki empat orang anak itu, mampu menyulap pekarangan sempitnya menjadi kolam budi daya ikan. Kebanyakan ikan yang dibudi daya jenis ikan nila.

Saat ditemui di kediamanya di Kelurahan Pasangkayu Kecamatan Pasangkayu, Armin tengah asik memilih bibit ikan nila. Ia pun bercerita kepada Radar Sulbar, inspirasi membuat kolam ikan berawal dari keinginannya memanfaatkan pekarangan rumah yang luasnya tak seberapa, untuk sesuatu yang bernilai ekonomis.

Mulailah ia mencari-cari informasi, dari teman hingga berselancar di dunia maya. Akhirnya ditemukanlah ide membuat kolam budidaya ikan dengan kolam terpal. Bermodal sekira Rp 1.500.000, ia membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Seperti terpal, kayu balok dan papan sebagai dinding luar kolam dan pompa air.

Dibuatlah kolam dengan ukuran 3 x 6 meter, dengan tinggi sekira 1 meter. Dengan ukuran kolam yang demikian, menurut dia, mampu menampung 1.000 hingga 1.500 bibit ikan nila.

Memperoleh bibit ikan nila, ia tak perlu mengeluarkan rupiah yang terlalu banyak. Kebetulan, pria yang sekarang berstatus honorer di instansi Satpol PP Pasangkayu ini, memiliki beberapa teman, yang bersedia memberikan bibit ikan nila dengan harga murah.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top