Elpiji Melon Rp25.000, Laporkan! – Radar Sulbar
Ragam

Elpiji Melon Rp25.000, Laporkan!

Kabid SPK Disperindagkop UKMK Polman, Salma Adriani Pida memantau stok elpiji di salah satu pangkalan di Polman, Kamis 10 mei 2018. (amri/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Jatah elpiji Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), 31 ribu metrik ton per tahun belum mampu memenuhi kebutuhan daerah ini. Masyarakat masih mengeluh sulit mendapatkan tabung elpiji. Khusunya untuk ukuran tabung tiga kilogram. Kelangkaan ‘tabung melon’ berefek pada meroketnya harga.

Kepala Bidang Energi Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulbar, Patrik Galampo menyatakan pihaknya telah melakukan antisipasi dengan membangun kesepakatan bersama PT Pertamina, khususnya menghadapi Ramadan. “Ada penambahan stok 13 persen dari kuota. Itu sudah kita antisipasi dari awal,” ujar Patrik, Kamis 10 Mei.

Meski demikian, Patrik tak menafikkan adanya oknum penampung pasokan. Pihaknya akan melayangkan surat edaran kepada agen elpiji di tiap kabupaten agar menjaga ketersediaan pasokan. Soal pengawasan, pihaknya berkoordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Sulbar, serta kepolisian memperketat pengawasan.

Patrik pun meminta partisipasi masyarakat melaporkan kenaikan harga tak wajar. “HET di pangkalan Rp15 ribu. Ketika dijual ke masyarakat dengan harga Rp20 ribu ke atas masih wajar. Tapi kalau sudah sampai Rp25 ribu, sudah melewati batas. Harus dilaporkan. Mohon infonya jika mendapatkan kenaikan harga demikian,” tutur Patrik.

PPNS Perdagangan Dinas Koperasi Industri Perdagangan dan UMKM Sulbar Mawardi Dadjwi, mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan harga jelang Ramadan. Khusus lonjakan harga elipiji 3 kg, Ia mengaku mendapat laporan mencapai Rp20 ribu ke atas.

“Dalam waktu dekat kita sidak bersama tim terpadu, juga melibatkan polda. Termasuk melakukan pengawasan oknum penumpuk tabung elpiji yang jadi penyebab kekurangan pasokan serta mempengaruhi lonjakan harga,” ungkapnya.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar menegaskan, apabila ada oknum yang melanggar, pihaknya akan melakukan tindakan tegas. Itu akan ditangani Diskrimsus Polda Sulbar. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top