Solid dan Rapi, SDK Yakin Demokrat Masih Mendominasi – Radar Sulbar
Politik

Solid dan Rapi, SDK Yakin Demokrat Masih Mendominasi

Suhardi Duka

RADARSULBAR.CO.ID – Jelang Pemilu 2019, situasi politik makin liar. Tahun ini saja, beragam perubahan telah terjadi. Mulai pola kepemimpinan, hingga gonta-ganti jas parpol.

Mencermati dinamika tersebut, Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar, Suhardi Duka, mengaku masih sangat yakin terhadap langkah-langkah di internal partainya. Pondasi bangunan Demokrat sepuluh tahun terakhir, menurutnya masih kokoh. Tak ada pilar Demokrat terlucuti dengan hadirnya poros-poros baru.

“Komposisi caleg yang akan diterjunkan ke Pemilu 2019, masih cukup bagus. Tak ada perubahan signifikan. Justru komposisi dan strateginya makin diperbaiki. Dan kader-kader kami punya jam terbang yang jauh,” ucap Suhardi Duka, di Warkop Daeng Arif, Mamuju.

Selain itu, salah satu indikator yang menguatkan optimisme politisi yang populer dengan sapaan SDK itu adalah persebaran kekuatan partainya. Bisa dibilang hampir berimbang tiap kabupaten. Demokrat pun masih berpotensi mendominasi pencapaian di level provinsi.

Coba lihat, kata SDK, dari enam kabupaten, dua diantaranya masih dipimpin politisi-politisi Demokrat. Di Mamasa, kader Demokrat, Ramlan Badawi adalah bupatinya. Begitu juga di Mamuju Tengah, Aras Tammauni. “Kalau di Pasangkayu kan Ketua PDIP jadi, Majene kini bupatinya PPP, Bupati Mamuju sekarang Nasdem, Polman sekarang Golkar,” sebutnya menambahkan.

Tetapi, sambung SDK, bukan hanya variabel tersebut yang dijadikan alat ukur mengalisa dan menyusun kekuatan menuju pemilu. Masih banyak perlu diperhatikan. “Misalnya, masing-masing parpol peserta pemilu ini apa punya figur yang kuat menuju 2019 atau tidak? Karena di level itu juga punya pengaruh mendongkrak partai,” urainya.

Variabel selanjutnya adalah seberapa kuat dan rapinya pengurus partai hingga ke tingkat desa. “Dan khusus untuk ini, kami di Demokrat masih cukup rapi. Itu ditata dalam waktu lama, bukan dalam sehari saja. Saya masih sangat yakin, Demokrat masih bisa bicara banyak di pemilu nanti,” ucap SDK optimis. (ham)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top