Gambar Paslon atau Kolom Kosong – Radar Sulbar
Politik

Gambar Paslon atau Kolom Kosong

Penyelenggara pemilu di Kabupaten Mamasa, Sulbar saat melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih terkait Pilbup dengan calon tunggal, Rabu 28 Maret 2018. (fadli/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Minimnya pemahaman masyarakat akan fenomena calon tunggal di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mamasa 2018, Provinsi Sulawesi Barat, mengharuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) gencar bersosialisasi.

Sejak 20 Maret, lalu, KPU Mamasa dan jajarannya gencar melakukan pendidikan pemilih berbasis keluarga. Hingga kemarin, telah menyisir semua kecamatan di Mamasa.

Ketua KPU Mamasa, Suriani T. Dellumaja menjelaskan sosialisasi untuk menjelaskan fenomena calon tunggal yang baru kali ini terjadi di Mamasa. “Apalagi pernah ada yang bertanya, bagaimna jika Paslon menang atau kolom kosong yang menang?,” ujarnya.

Dijelaskan, jika Paslon (pasangan calon,red) menang, maka Paslon akan dilantik setelah rekapitulasi suara selesai. Namun jika kolom kosong yang menang, maka Mendagri akan menunjuk pelaksana tugas sementara (Plt).

KPU Mamasa menargetkan partisipasi pemilih Pilbup Mamasa bisa lebih baik dari Pemilu sebelumnya. Olehnya, wajib pilih di daerah ini diharap berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 27 Juni 2018.

“Pemilih yang berhak menggunakan hak pilihnya, yaitu yang memiliki KTP elektronik atau surat keterangan (Suket),” sambungnya. (fadly/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top