28 Tahun Serumah, Baru Punya Buku Nikah – Radar Sulbar
Features

28 Tahun Serumah, Baru Punya Buku Nikah

Pasangan suami istri, Hamzah dan St. Aminah menerima buku nikah dari Kepala Kemenag Polman, Imran K Kesa. (Amri/RDR)

Pasangan yang sudah bertahun-tahun tinggal serumah, akhir pekan kemarin, akhirnya resmi menjadi suami istri secara hukum negara.

Laporan: AMRI MAKKARUBA,
Binuang, Polewali Mandar

Raut bahagia pun terpancar dari 51 pasangan usai mengikuti sidang isbat nikah gratis di Kantor Desa Mammi, Kecamatan Binuang, Jumat 23 Maret, lalu.

Hamzah (49) bersama Siti Aminah (45), hari itu berpakaian rapi. Hamzah mengenakan batik dan celana panjang warna hitam plus peci hitam. Istrinya berpakaian terusan bungabunga dengan jilbab hitam.

Jarum jam menunjukkan pukul 08.00 Wita, pasangan yang menikah tahun 1990 silam yang sudah dikaruniahi tiga anak itu bergegas ke Kantor Desa Mammi. Mereka merupakan salah satu pasangan dari 51 peserta Isbat Nikah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Polewali Mandar (Polman) bekerjasama Kementerian Agama (Kemenag) Polman dan Pengadilan Agama (PA) Polman.

Hamzah dan Sitti Aminah dari Dusun Mammi II Desa Mammi Kecamatan Binuang, menghadirkan dua orang saksi saat mereka menikah dulu. Usai menjalani sidang isbat, Hamzah dan Sitti Aminah terlihat lega. Setelah 28 tahun akhirnya bisa memiliki surat nikah.

“Alhamdulilllah, kami bisa memiliki surat nikah. Kami menikah secara agama Islam di Rea Timur tahun 1990 lalu. Namun karena kami tidak melaporkan ke KUA, sehingga kami tidak memiliki surat nikah,” tutur Hamzah.

Pengakuannya, tak sempat mengurus surat nikah, karena dua pekan setelah menikah langsung merantau ke Malaysia. Hingga akhirnya tahun 2000-an kembali dari merantau dan menetap di Mammi.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top