Disoroti, Timsel Anggota KPU Sulbar Bertahan – Radar Sulbar
Ragam

Disoroti, Timsel Anggota KPU Sulbar Bertahan

Pelaksanaan tes tulis seleksi calon anggota KPU Sulawesi Barat di Mamuju, belum lama ini. (imran/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) akan tetap memfasilitasi dua peserta yang menuai sorotan. Timsel anggap tak ada masalah.

Laporan: IMRAN JAFAR

Berkas calon Anggota KPU Subar periode 2018-2023 beredar luas. Diantaranya, ada dua berkas peserta menuai sorotan karena dianggap cacat administrasi.

Yakni, rekomendasi untuk Sukmawati M. Sila (ASN Pemkab Majene) yang ditandatangani Plh. sekretaris daerah Majene, bukan langsung dari bupati Majene selaku pembina kepegawaian.

Satu lagi, berkas atas nama Muhammad Arman (ASN Pemprov Sulbar) juga ditandatangani oleh sekretaris daerah Sulbar, bukan tempat unit kerja, di KPU Sulbar.

Menjawab polemik yang menyasar kinerja tim seleksi, Ketua Timsel Anggota KPU Sulbar, Mirawati menegasakan, pihaknya tetap pada keputusan awal meloloskan kedua peserta tersebut.

Menurutnya, telah memenuhi syarat mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Demikian penekanan Timsel dalam rilis resminya, kemarin.

“Kami tetap komitmen untuk mengawal proses seleksi dengan tetap mengedepankan asas independensi, keterbukaan informasi dan berpegang pada aturan yang berlaku,” tulis Mira dalam keterangannya, Jumat 23 Maret.

Timsel berpedoman pada PKPU 1/2018 dan PKPU 7/2018, dimana ihwal berkas pendaftar calon anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota disebutkan adalah melampirkan surat rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian bagi ASN.

“Jadi, yang disyaratkan adalah rekomendasi bukan izin, yang mana rekomendasi tidak memiliki akibat hukum pada aspek kepegawaian. Misalnya; pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian. Berbeda dengan izin yang mempunyai konsekuensi pada aspek kepegawaian yang dimaksud,” urai Mirawati.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top