Pemkab Tambah Lahan SPN di Majene – Radar Sulbar
Majene

Pemkab Tambah Lahan SPN di Majene

Bupati Majene, Fahmi Massiara memimpin rapat di ruang kerjanya. (edytama/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Pembebasan lahan pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Desa Mekkatta Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat bakal berlanjut tahun ini.

Lahan yang telah dihibahkan Pemkab Majene kepada Polda Sulbar seluas 14,7 hektar belum mencukupi kebutuhan. Tersisa 5,3 hektar untuk memenuhi permintaan 20 hektar lahan pembangunan SPN itu.

“Kita akan berupaya menambah area,” ujar Bupati Majene Fahmi Massiara, Rabu 17 Januari, saat rapat koordinasi dengan Kapolres Majene, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Majene dan sejumlah pimpinan OPD Pemkab Majene di ruang kerjanya.

Kabid Pertanahan Dinas Perumahan Kawasan Pemukinan dan Pertanahan (Perkimtan) Majene, Darwis menjelaskan kebutuhan lahan SPN kemungkinan bertambah. Sebab Polda Sulbar meminta jalan masuk ke area SPN dipindahkan.

Mengingat lokasi awal berada tepat di tikungan trans Sulawesi. “Saat rapat di Polda SUlbar, terjadi perubahan rencana. Jalan akan diperlebar dan dipindahkan, otomatis akan lebih dari 5,3 ha yang perlu dibebaskan,” jelasnya.

Kata Darwis, perubahan posisi akses masuk membuat kebutuhan lahan bertambah hingga 6 hektar. Itu yang akan dibebaskan Pemkab Majene untuk dihibahkan demi kelancaran pembangunan SPN. Namun kendala saat ini, pemkab hanya dibolehkan membebaskan lahan kurang dari lima hektar. Sehingga, harus bertahap. “Tahun ini bisa dibebaskan 4,9 hektar dan 2019 nanti ditambah 1,1 hektar,” katanya.

Kabid Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Majene, Andi Muh Bisyri Nur menambahkan, pembebasan lahan dapat dilakukan sekaligus. Sisa 1,1 hektar dapat dibebaskan melalui perjanjian jual beli. Perjanjiannya, pembayaranan lahan akan dituntaskan tahun depan. Tapi pemanfaatannya bisa dilakukan tahun ini.

Terkait dana pembebasan lahan, Kabid Anggaran BPKAD Majene Kasman Kabil mengatakan sudah disiapkan Rp 1 miliar pada APBD 2018. Jika tidak mencukupi akan ditambah pada APBD perubahan 2018. “Bisa pula kita selesaikan tahun depan,” terangnya. (mg7/dir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top