Garap Istri Wabup, Panwaslu Polman Target 5 Hari – Radar Sulbar
Politik

Garap Istri Wabup, Panwaslu Polman Target 5 Hari

Arhamsyah

RADARSULBAR.CO.ID — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Polewali Mandar kini memproses Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Polman, Haribulan.

Haribulan yang juga istri Wakil Bupati Polman, Muh. Natsir terindikasi melanggar ketentuan yang mengatur keberpihakan aparatur sipil negara (ASN) dalam Pilkada 2018 yang akan berlangsung di Polman, Provinsi Sulawesi Barat.

Temuan Panwaslu Polman, terjadi saat yang bersangkutan turut dalam pendaftaran salah satu bakal calon bupati dan wakil bupati Polman di Komisi Pemilihan Umum setempat.

“Kita sudah lakukan klarifikasi. Jelasnya, jika kita memperhatikan PP 53, Undang-undang tentang ASN dan surat edaran dari Menpan, Mendagri serta Komisi ASN, itu (ASN) tidak diperbolehkan hadir,” ungkap Panwaslu Polman Divisi Hukum dan Penindakan, Arhamsyah.

Menurut Arhamsyah, hasil pendalaman atas dugaan tersebut baru dapat diketahui lima hari kedepan. “Dari penuturan ibu ini, bingung karena selain PNS ia juga merupakan istri dari calon tersebut,” imbuh Arhamsyah menjelaskan rangkuman hasil klarifikasi terhadap Haribulan.

Di Pilbup Polman 2018, Muh. Natsir Rahmat kembali maju mendampingi Incumbent, Andi Ibrahim Masdar. Saat mendaftar di KPU, keduanya turut didampingi pasangan masing-masing, pihak Parpol dan massa pendukung yang berjubel.

Natsir menerangkan bahwa istrinya mengaku belum pernah mendapat pemberitahuan dari Panwaslu akan adanya larangan bagi pendamping kandidat yang juga berstatus ASN.

“Bingung. Sebagai seorang istri wajib mendampingi suami. Ini mungkin yang perlu ada pengecualian untuk istri ASN yang suaminya maju pada Pilkada,” ucap Natsir di kediamannya. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top