20 Januari, Jadwal tes Kesehatan Balon Pilbup Mamasa – Radar Sulbar
Politik

20 Januari, Jadwal tes Kesehatan Balon Pilbup Mamasa

Ketua KPU Mamasa, Suriani T Dellumaja serah terima berkas dengan Obed Nego Depparinding. (zulfadli/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat menetapkan, berkas pendaftaran bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mamasa Obed Nego Depparinding-Benyamin YD (ONDBYD) Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Artinya, hanya satu pasangan yang akan melenggang ke tahapan selanjutnya. KPU Mamasa mengagendakan, tahapan berikutnya adalah verifikasi faktual berkas serta pemeriksaan kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan tanggal 20 Januari. Kemudian akan dilakukan verifikasi vaktual keabsahan berkas calon,” terang Ketua KPU Mamasa Suriani T Dellumaja, Rabu.

Menurutnya, tidak jauh berbeda dalam pemilihan biasa dan kotak kosong. Bedanya hanya pada surat suara. “Jumlah suara yang harus diperoleh adalah 50 persen tambah satu,” ungkap Suriani.

Komisioner KPU Mamasa Divisi Hukum, Marthen Buntupasau menambahkan, jika dalam penetapan nanti ada hal-hal yang tak disetujui, masyarakat dapat mengajukan gugatan melalu Panwaslu dan PTUN.

Sementara, Obed Nego Depparinding tidak akan melakukan upaya hukum atas ketetapan TMS oleh KPU Mamasa. “Tak ada lagi (upaya hukum,red), untuk apa?,” ujarnya via telepon.

Ia mengatakan, semua sudah jelas, dan yakin seluruh pendukung baik dari partai politik, tokoh masyarakat dan masyarakat umum lainnya masih setia. “Cukup kita izinkan dia (Ramlan-Marthinus,red) melawan kotak kosong. Kan dia yang inginkan jadi calon tunggal, jadi sudah pasti lawannya kotak kosong,’ ujarnya.

Duet Obed Nego Depparinding dan Benyamin YD di KPU Mamasa. (zulfadli/RDR)

Bakal calon Wakil Bupati Mamasa, Martinus Tiranda mengatakan ini adalah sejarah baru perpolitikan di Mamasa. Karena hanya ada satu paslon.

“Mari tinggalkan perbedaan. Tahapan pilkada sudah setengah jalan, mari ikuti aturan. Persoalan ada berlanjut dan ada yang tertunda, perlu disadari itu adalah hal lazim dari pesta demokrasi,” terang Marthinus.

Pendaftaran bakal paslon Obed-Benyamin YD cukup alot. Datang saat injury time masa perpanjangan pendaftaran. Namun, pleno KPU Mamasa memutuskan bahwa partai pengusung Obed-Benyamin hanya Gerindra dan Hanura.

Partai Gerindra memiliki 3 kursi dan Hanura 2 kursi. Jumlah ini tidak memenuhi syarat dukungan kursi minimal, yakni 6 kursi untuk dapat maju di Pilbup Mamasa 2018. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top