Panwaslu: Verifikasi Faktual Rentan Pelanggaran – Radar Sulbar
Politik

Panwaslu: Verifikasi Faktual Rentan Pelanggaran

Suaib

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Polewali Mandar menyiapkan perangkat khusus menyambut verifikasi faktual Parpol calon peserta Pemilu 2019 di Polman, Provinsi Sulawesi Barat.

“Kemarin kita melakukan pematangan, dan sudah siap. Panwas Polman akan melakukan pengawasan melekat terhadap verifikasi faktual Parpol dengan melibatkan Panwas kecamatan,” ujar Ketua Panwaslu Polman, Suaib, kepada Radar Sulbar.

Pihaknya telah membekali seluruh anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), khususnya yang membidangi pengawasan dan hubungan antar lembaga agar dapat bekerja optimal di lapangan. Penguatan pengawasan verifikasi faktual parpol sangat penting, sebab menurut Suaib, tahapan ini rentan pelanggaran.

“Kita melihat proses verifikasi sarat pelanggaran. Bisa dimanfaatkan oknum tertentu. Juga untuk mencegah, jangan sampai ada oknum tim verifikator tidak maksimal karena kepentingan tertentu,” ungkap Suaib.

Panwaslu berharap, KPU tetap menjaga koordinasi yang selama ini telah terbangun dengan baik. Tak menutup ruang-ruang informasi publik, termasuk saat melakukan verifikasi nantinya.

Kepada para pengurus Parpol, tambah Suaib, tak perlu bermanuver atau melakukan ‘gerakan tambahan’ untuk memengaruhi penyelenggara Pemilu.

“Jangan berpikir Panwas bisa dimasuki. Kami pun sudah ingatkan kepada seluruh pengawas kecamatan, pokoknya bekerja profesional, sesuai tugas kita, lakukan pengawasan melekat,” tegas Suaib. (rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top