Mandek, Pembahasan Ranperda APBD Sulbar 2018 – Radar Sulbar
Ragam

Mandek, Pembahasan Ranperda APBD Sulbar 2018

Suasana rapat paripurna pembahasan APBD Sulbar tahun anggaran 2017 di Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Barat. (chaerul/rdr)

RADARSULBAR.CO.ID — Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Provinsi Sulawesi Barat tahun anggaran 2018 makin tak jelas.

Hingga Kamis 14 Desember, belum ada unsur pimpinan DPRD yang bisa menerima dokumen tersebut secara resmi. Sementara waktu yang tersisa tak lebih dari 15 hari. Bakal berlarut-larut jika dewan tak segera melakukan penggantian unsur pimpinan.

Sebelumnya, Fraksi Demokrat telah menunjuk kadernya, Amalia Aras sebagai Ketua DPRD Sulbar sementara menempati posisi Andi Mappangara. Mappangara mengundurkan diri karena ingin fokus menghadapi masalah hukum yang tengah menjeratnya bersama tiga pimpinan DPRD lain.

Namun, penunjukan Amalia masih sebatas rekomendasi partainya. Hingga Kamis kemarin, belum ada keputusan resmi dari Kementerian Dalam Negeri untuk melantik yang bersangkutan sebagai ketua dewan definitif.

Menghadapi polemik ini, anggota DPRD Sulbar juga telah melakukan pertemuan Fraksi melibatkan Sekprov Sulbar, Ismail Zainuddin. Mereka berembuk untuk mencari langkah penyelamatan Ranperda APBD 2018.

Hasilnya, legislatif akan segera menunjuk pimpinan sementara DPRD Sulbar melalui pertimbangan fraksi dan partai dengan suara tebanyak. “Mereka akan memilih siapa yang akan dijadikan pelaksana tugas DPRD Sulbar,” jelas Ismail di Gedung DPRD Sulbar.

Kebijakan itu, kata Ismail, tidak mesti melalui persetujuan Mendagri karena bersifat sementara demi lancarnya pembahasan Ranperda APBD 2018. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top