HUT Mateng, Sejarah Baru Transmigrasi – Radar Sulbar
Mateng

HUT Mateng, Sejarah Baru Transmigrasi

Bupati Mateng, Aras Tammauni menyematkan pin emas kepada tokoh yang dinilai berjasa untuk Mamuju Tengah. (JHAMHUR/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Kamis lalu, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat memeringati hari jadi ke-5 tahun.

Perancang acara yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Mateng, berhasil membuat suasana puncak bertabur keceriaan. Suasananya begitu terasa. Apalagi, saat menginjakan kaki dalam arena upacara peringatan.

Tempat perayaan HUT Mateng, terminal Benteng Kayumangiwang, Tobadak sesak akan kehadiran warga yang berbaur dengan para undangan dari seluruh wilayah Sulbar hingga tamu pusat. Turut hadir, Kapolda Sulbar Bigjen (Pol) Baharuddin Djafar, Pejabat TNI AD, AL dan AU, dan sejumlah perwakilan lembaga kemahasiswaan.

PLT Dirjen PKPT Kemendes PDTT, Putut Edy Sasono mengemukakan, peringatan hari jadi Mateng merupakan sejarah baru transmigrasi lantaran dirangkaikan dengan peringatan hari Bhakti Transmigrasi ke-67 tahun 2017.

“Hal seperti ini belum pernah terjadi di daerah lain di Indonesia. Jadi ini adalah sebuah hari yang bersejarah, dalam rangka mendorong pembangunan Kabupaten Mamuju Tengah, dan penguatan kawasan transmigrasi hingga saat ini, dimana Mamuju Tengah salah satu dari 104 eks kawasan transmigrasi yang menjadi ibu kota kabupaten di seluruh indonesia, dan desanya 70 persen adalah dari Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT),” paparnya.

Pertumbuhan perekonomian Mateng diharap berkembang lebih baik lagi. Pihak Kementerian akan terus memberikan dukungan untuk perkembangan Mateng di berbagai sektor.

“Yang pasti kami akan terus juga memberikan kontribusi perhatian kepada daerah otonom baru yang merupakan eks kawasan transmigrasi, agar dapat sejajar dengan daerah lain di republik ini, seperti yang menjadi harapan dan cita-cita masyarakatnya,” harap dirjen. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


To Top