Solidaritas Palestina,Tolak Klaim Trump – Radar Sulbar
Radar Metro

Solidaritas Palestina,Tolak Klaim Trump

Aksi solidaritas berbagai elemen warga Mamuju untuk Palestina

RADARSULBAR.CO.ID — Klaim sepihak Presiden Amerika Donald Trump tentang penetapan Jerussalem Timur sebagai Ibukota Israel, memancing reaksi keras dari berbagai kalangan masyarakat.

Jumat 8 Desember, puluhan orang dari berbagai kalangan di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat menyampaikan pernyataan menolak klaim Trump tersebut. Mereka meminta agar pemindahan dari Ibukota Israel Tel Aviv ke Jerussalem itu dianulir.

Pernyataan penolakan dilakukan dengan aksi jalan kaki dari Mesjid Suada Mamuju ke Lapangan Ahmad Kirang, usai menunaikan Salat Jumat. Setiba di lapangan, massa yang mayoritas mengenakan baju berwarna putih itu berkumpul dan mendengarkan orasi.

Hajrul Malik, dari Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) Mamuju menyampaikan bahwa Jerussalem merupakan kota yang penuh dengan sejarah umat Islam. Penindasan yang dilakukan zionis Israel atas bangsa Palestina membuat perih seluruh umat muslim dunia.

“Kita harus mendukung pembebasan rakyat Palestina. Sikap Donald Trump merupakan awal dari ancaman gejolak masyarakat muslim di berbagai belahan dunia. Kita tolak klaim sepihak Trump terhadap Kota Jerussalem,” ujarnya.

Pernyataan bernada sama disampaikan Ashari Rauf. Jurnalis yang juga aktif di berbagai organisasi kepemudaan ini meminta seluruh masyarakat bersatu padu menolak klaim itu. “Pemindahan kota yang disampaikan Donald Trump itu harus dianulir. Kita semua punya kewajiban untuk mendukung masyarakat Palestina,” tegasnya dengan nada berapi-api.

Saat mendapat kesempatan berorasi, Irwan Satya Putra Pababari, yang merupakan Wakil Bupati Mamuju mengingatkan, perjuangan mempertahankan Palestina telah dilakukan sejak berabad-abad lalu. Banyak tokoh dan sejarahnya masing-masing, seperti Salahuddin Al Ayyubi yang berjuang dengan segenap tenaga untuk mempertahankan salah satu kota suci umat muslim itu.

“Palestina, khususnya Mesjid Al Aqsha merupakan sejarah umat Islam. Salah satu mesjid, selain Baitullah dan Mesjid Nabawi yang disebut-sebut dalam Al-Quran adalah Al-Aqsha. Sehingga kita harus tetap bersolidaritas memperjuangkannya,” ujar Irwan.

Pernyataan serupa disampaikan penggiat pendidikan di Sulbar Zakir Akbar. Ia mengingatkan bahwa peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan bukti bahwa kota Jerussalem harus tetap menjadi milik Palestina.
Aksi kemarin, mendapat pengawalan yang cukup ketat dari aparat kepolisian. bahkan, dalam barisan, terlihat Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharudin Djafar berjalan bersama peserta aksi. (***)


To Top