Restuan, Muda, Cendekia, Terlunta-lunta – Radar Sulbar
Features

Restuan, Muda, Cendekia, Terlunta-lunta

Restuan Lubis meraih medali emas pada sebuah event ilmiah di Thailand tahun 2015 silam.

Telah menggaungkan nama daerah dan negara dengan segudang prestasi. Restuan Lubis, ilmuwan muda asal Mamuju Utara (Matra), Provinsi Sulawesi Barat ini, masih asing di kampung sendiri.

Laporan: Hasnur Lariang
(Matra, Sulawesi Barat)

Pasangan Lubis dan Suhuda, warga Kelurahan Baras, Kecamatan Baras, Kabupaten Matra, Sulbar, mungkin tak pernah menyangka bakal memiliki anak yang dapat membanggakan kampung halaman dan negaranya.

Adalah, Restuan Lubis. Anak keduanya itu telah menorehkan sejumlah prestasi dalam bidang ke ilmuan baik ditingkat nasional maupun internasional. Beberapa kali membawa nama bangsa dan daerah dalam kompetisi ke ilmuan tingkat internasional, dan meraih medali emas.

Salah satunya pada kompetisi ilmiah yang diikuti oleh ilmuan seluruh dunia di China, 2014 silam. Restuan masih berstatus mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, berhasil meraih medali emas. Ia dan salah seorang kawannya merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia.

Kala itu, ia memperkenalkan temuannya di bidang kesehatan. Yakni, obat diabetes yang dikemas dalam bentuk permen. Fantastis! Temuanya itu membuat dewan juri mendaulatnya sebagai pemenang, dari sekian banyak temuan ilmiah.

Pada 2015, Restuan kembali menorehkan prestasi pada event serupa di Taiwan dan Thailand, dengan sejumlah penemuan-penemuan terbarunya. Lagi-lagi mewakili Indonesia.

Pria yang kini menyandang gelar sarjana kefarmasian ini tentu saja memiliki segudang prestasi tingkat nasional. Diantaranya, temuan aplikasi android tentang kanker payudara, mengelola limbah tuak (air nira) menjadi bahan bakar etanol.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top