BKKBN-PPKBD Satukan Persepsi Program KKBPK – Radar Sulbar
Radar Metro

BKKBN-PPKBD Satukan Persepsi Program KKBPK

Kepala BKKBN Sulbar, Andi Ritamariani menyampaikan materi di hadapan peserta orientasi di Hotel Yaki Mamuju, Rabu 19 Oktober 2017. (darman/rdr)

RADARSULBAR.CO.ID — Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) terus menggema di Sulawesi Barat.

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulbar, kali ini menggelar orientasi program KKBPK bagi PPKBD/Sub PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) di Mamuju, Rabu 18 Oktober.

Peserta angkatan pertama mencapai 50 Orang dari enam Kabupaten seSulbar. Kegiatan berlangsung sembilan hari kedepan dan akan terbagi dalam tiga angkatan. Sehingga total peserta mencapai 150 orang.

Kasubid Advokasi dan KIE BKKBN Sulbar, Rusdiyanto Monoarfa menjelaskan, diperlukan PPKBD desa/kelurahan serta PPKBD dusun/RW yang bertanggung jawab sebagai pembantu pembina untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelayanan KB dan KS, membina kelompok kegiatan, mencatat dan melaporkan kegiatan secara rutin.

Sebagai bentuk dukungan, BKKBN Sulbar melaksanakan Orientasi Program KKBPK bagi PPKBD tingkat Sulbar. Harapannya, meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan PPKBD/Sub PPKBD dalam memberikan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE).

“Tujuan kita melaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap positif dari PPKBD/Sub PPKBD tentang Program KKBPK, serta tugas dan fungsi sebagai Pembina IMP,” tegas Rusdiyanto.

Kepala BKKBN Sulbar Andi Ritamariani didampingi Sekretaris Hunaidah G menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Kepala BKKBN Sulbar, Andi Ritamariani mengatakan, agenda ini salah satu kegiatan strategis yang terencana sejak awal. Berdasarkan hasil monitoring yang menemukan banyak permasalahan di lapangan.

Ia berharap terbangun kesepahaman bersama tentang program KKBPK, apalagi sudah banyak petugas baru. Begitu juga PPKPD, tak sedikit yang telah berganti.

“Melalui kegiatan ini mari kita kembali segarkan pengetahuan tentang program KKBPK. Dan yang baru pertama kali mengikuti mari kita pahami, supaya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat itu akan lebih memudahkan kita. Jadi apa yang akan diberikan oleh pemateri mohon disimak dengan baik,” ujar Andi Ritamariani. (ian/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top