Panwascam Harus Berintegritas dan Kompak – Radar Sulbar
Politik

Panwascam Harus Berintegritas dan Kompak

Sulfan Sulo dan Suaib

RADARSULBAR.CO.ID — Hingga awal pekan ini, empat Kabupaten di Sulawesi Barat telah menuntaskan pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Yakni, Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Mamuju, Mamasa dan Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Dua daerah terakhir memang menjadi prioritas, sebab akan melaksanakan Pilkada Serentak 2018.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulbar mewanti-wanti seluruh anggota Panwascam agar megedepankan profesionalisme, dan berpegang teguh pada kode etik. “Harus paham betul regulasi sehingga tugas dan fungsi pengawasan bisa terlaksana dengan baik,” jelas Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo, Senin 16 Oktober.

Netralitas dan independensi menjadi kunci pengawasan oleh Panwascam. “Kita berharap mereka bekerja mandiri, independen. Tak kalah pentingnya menjaga soliditas,” imbuhnya.

Kekompakan bukan hanya secara internal, tapi juga eksternal dengan pihak terkait, seperti; Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum, kepolisian, dan kejaksaan. Panwascam dengan stakeholder perlu saling mendukung dalam pengawasan.

Di Polman, Panwaslu telah mengukuhkan 48 anggota Panwascam pada Minggu, 15 Oktober, malam. “Selanjutnya, mereka akan melakukan pembenahan sekretariat di wilayah masing-masing,” jelas Ketua Panwaslu Polman Suaib.

Tiga anggota Panwascam untuk masing-masing kecamatan se Polman akan membantu pengawasan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. Panwascam akan dibantu pengawas tingkat desa dan kelurahan yang pembentukannya segera menyusul. (rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top