Berdayakan Pemuda, Peduli Lingkungan – Radar Sulbar
Features

Berdayakan Pemuda, Peduli Lingkungan

Koordinator PPLP, Yudy Gunawan Abdi sedang menimbang sampah, beberapa waktu lalu. (HASNUR/RDR)

Sebagian besar sarjana berlomba mendaftarkan diri menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai swasta demi penghasilan tetap, tapi tidak dengan pemuda Pasangkayu satu ini.

Laporan: Hasnur Lariang
(Pasangkayu, Matra)

Memilih mengabdikan diri di bidang sosial yang sudah pasti tidak memiliki penghasilan tetap. Apa yang ia kerjakan adalah aksi nyata dari gelar sarjana yang disandangnya.

Namanya Yudy Gunawan Abdi, lulusan sarjana kehutanan dari Universitas Tadulako (Untad) Palu. Selepas meraih titel sarjananya beberapa waktu lalu, Ia langsun turun ke masyarakat mengabdikan diri. Bersama beberapa tokoh muda Pasangkayu lainnya, Ia membentuk komunitas peduli lingkungan, yang disebutnya Pemuda Peduli Lingkungan Pasangkayu (PPLP).

Melalui PPLP, Yudy merekrut pemuda-pemuda Pasangkayu, menyatukan visi mewujudkan lingkungan Pasangkayu bersih, indah, dan asri. Sekira 60 pemuda tergabung dalam organisasi yang baru berdiri sekira tiga bulan itu. Mulai dari pelajar sekolah hingga sarjana

“Gerakan sosial ini, bagian dari merealisasikan secara nyata disiplin ilmu yang saya dapatkan di kampus. Saya dan teman-teman pemuda Pasangkayu ingin berguna bagi daerah tanpa bergantung pada anggaran. Dari kesadaran itulah kami di Pasangkayu membentuk PPLP,” terang pemuda yang juga pernah aktif dibeberapa organisasi ekstra kampus ini.

Ditemuai belum lama ini, Yudy menerangkan bahwa ada tiga poin dalam program PPLP, yakni, pengadaan bank sampah, rumah kreasi, dan penataan lorong sehat. Realisai dari masing-masing program itu dilakukan secara swadaya.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top