Awasi Tahapan Rekrutmen PPK-PPS dan Pemutakhiran Pemilih – Radar Sulbar
Politik

Awasi Tahapan Rekrutmen PPK-PPS dan Pemutakhiran Pemilih

KOMISARIS Radar Sulbar Naskah M. Nabhan, Anggota KPU Sulbar Nurdin Pasokkori, Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo, dan Pimpinan Bawaslu Sulbar Supriadi Narno dalam Raker Pegawasan Pilkada 2018 di Mamuju, Kamis 12 Oktober 2017. (Ilham/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Menghadapi pilkada serentak 2018, Bawaslu Sulbar bersama perangkatnya mulai melangkah. Fokus awalnya adalah dengan mempersiapkan pengawasan terhadap beberapa tahapan.

Kamis 12 Oktober, Bawaslu Sulbar menggelar menggelar rapat kerja (raker) persiapan pengawasan pembentukan PPK-PPS dan tahapan pemutakhiran data pemilih Pilkada Serentak 2018 untuk Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dan Mamasa.

Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo menyampaikan, terkait kegiatan ini, sengaja melibatkan stakeholder pemilu dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2018. Ia berharap, agenda pilkada berikutnya lebih baik dari sebelumnya.

“Tentu saja untuk memenuhi hal tersebut, persiapan-persiapannya harus lebih diperbaiki. Prakondisinya harus lebih bagus,” kata mantan komisioner KPU Majene ini.
Untuk tahap pertama, lanjut Sulfan, fokus Bawaslu dan Panwas kabupaten ada pada dua hal, yakni rekruitmen PPK/PPS dan pemutakhiran data pemilih. “Hal itu sengaja dilakukan agar kualitas pilkada lebih baik dan lebih bermartabat, lebih berintegritas,” ucapnya.

Menurut Sulfan, empat pilkada sebelumnya, Majene, Mamuju, Mateng dan Matra, tidak sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Kita berharap dua pilkada selanjutnya (Polman dan Mamasa, red) juga tidak sampai ke MK. Syaratnya, penyelenggaraan atau proses pilkada harus lebih berintegritas dan terpecaya,” ucapnya.

Selanjutnya, terkait data pemilih, ia berharap adanya sinergitas lebih kuat antarlembaga, khususnya antara KPU dan Bawaslu dengan Dinas Catatan Sipil di Polman dan Mamasa. “Karena ini menjadi dasar menyusun data pemilih. Data capil harus lebih mudah diakses. Kita tidak mencari-cari kesalahan, tapi ikut memberi solusi atas permasalahan dalam data kependudukan,” tegasnya.

Khusus untuk rekrutmen PPK dan PPS, kata Sulfan, tanggapan masyarakat harus dibuka selebar-lebarnya agar anggota PPK dan PPS yang direkrut juga bersih. (ham)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top