Siap Uji Temuan Seleksi CPNS KemenkumHAM Sulbar – Radar Sulbar
Radar Metro

Siap Uji Temuan Seleksi CPNS KemenkumHAM Sulbar

Lukman Umar

RADARSULBAR.CO.ID — Ombudsman Sulbar sangat meyakini temuan pada pelaksanaan seleksi CPNS lingkup Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat.

“Temuan itu adalah fakta dan data yang kita miliki. Setelah rampung hingga hari terakhir tahapan seleksi, kami akan beberkan. Melihat dari juknis, sangat jelas peserta yang tidak lulus dari tinggi badan itu tidak bisa lagi mengikuti verifikasi,” papar Lukman, belum lama ini.

Pernyataan ini sekaligus menanggapi komentar pihak Kanwil KemenkumHAM Sulbar saat menepis dugaan penyimpangan saat proses seleksi CPNS KemenkumHAM di Mamuju. Khususnya pada hari pertama. “Kami tak ingin saling membantah. Temuan kita ini berdasarkan fakta. Bahkan, bukan hanya sepuluh orang saja kita temukan, tapi banyak sekali,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Kanwil KemenkumHAM Sulbar Andi Farida, melakukan konferensi pers untuk meluruskan tudingan tersebut. “Kami selalu melakukan evaluasi dan kami terus melakukan perbaikan selama beberapa hari ini,” ujar Farida.

Pihaknya mengaku telah belum melakukan pertemuan resmi dengan Ombudsman. “Kalau komunikasi memang kami lakukan. Tapi secara resmi tidak. Justru menjadi pertanyaan, jika Ombudsman melihat adanya pelanggaran di tempat pelaksaan, harus dievaluasi (diselesaikan) saat itu juga,” terang Farida.

Peserta seleksi CPNS KemenkumHAM Sulbar.

Hari pertama verifikasi berkas dan pengukuran tinggi badan untuk peserta tingkat SMA di Kanwil KemenkumHAM Sulbar, Ombudsman mendapatkan peserta tak memenuhi syarat tinggi badan, namun tetap diloloskan.

Peserta yang dianggap gagal saat seleksi tinggi badan, tetap melakukan verifikasi data. Catatan lainnya, panitia tak memberi petunjuk tempat pelaksanaan ujian CAT. Tak ada informasi lokasi tes yang dilaksanakan di gedung Serbaguna Rujab Gubernur Sulbar. (red)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top