Kendala Anggaran Hambat Tahapan Pilbup Mamasa – Radar Sulbar
Politik

Kendala Anggaran Hambat Tahapan Pilbup Mamasa

Suriani T Dellumaja

RADARSULBAR.CO.ID — Berbagai persiapan menuju Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamasa 2018 mendatang telah dimatangkan. Sayang, hingga kemarin, belum ada kabar baik terkait kesiapan pembiayaan.

Anggaran dari Pemda untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamasa masih tersendat. Sementara sosialisasi tahapan Pilbup kepada masyarakat, ditarget tuntas pekan depan.

“Kalau akhir pekan ini anggaran cair, sosialisasi Pilkada bisa berlangsung mulai hari Senin dan Selasa, pekan depan. Kalau tidak, terpaksa kami tunda hingga anggaran turun,” jelas Ketua KPU Mamasa Suriani T Dellumaja, belum lama ini.

Sesuai tahapan, kegiatan sosialiasi yang akan disusul agenda selanjutnya, yakni; perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah menunggu Oktober nanti.

“Kami berharap pihak pengelolaan keuangan daerah sudah mencairkan anggarannya hari Jumat 15 September (hari ini,red). Kalau tidak tahapan ini pasti terlambat dan akan saling mempengaruhi,” paparnya.

Dalam Nota Perjanjian Hiba Daerah (NPHD), anggaran KPU Mamasa mencapai Rp 26 miliar. Pembayarannya berlangsung dua tahap, pertama sebesar Rp 5 miliar pada anggaran perubahan tahun ini. Sisanya dibayarkan di anggaran pokok 2018.

Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mamasa Beta, menyampaikan bahwa pencairan anggaran KPU baru dapat dilakukan setelah APBD Perubahan Mamasa tahun 2017 mendapat persetujuan dewan.

Pembahasan APBD Perubahan sendiri diagendakan bergulir pada Senin, 19 September nanti. Setelah mendapat lampu hijau, sambung Beta, dan telah masuk dalam Daftar Penggunaan Anggara (DPA), barulah ada pencairan. (**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top