Parkir Semrawut, Macet Tiap Hari – Radar Sulbar
Ragam

Parkir Semrawut, Macet Tiap Hari

Parkir tak beraturan membuat kerap menjadi penyebab macet di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Mamasa, Sulbar. (FADLI/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Perparkiran di Kabupaten Mamasa masih semrawut. Warga mengeluh lantaran banyak kendaraan terparkir memenuhi sebagian badan jalan.

Kondisi tersebut banyak dijumpai di dalam kota Mamasa, Sulawesi Barat. Kesadaran warga untuk lebih tertib memarkir kendaraan masih kurang. Seperti di Jalan Jendral Ahmad Yani hingga depan Lapangan Sepakbola Mamasa.

Mengakibatkan macet hampir setiap hari. “Tentu itu sangat menggangu aktivitas pengguna jalan yang melintas,” terang Yusril, salah satu pengendara.

Ia menyangkan belum ada upaya nyata dari Pemkab Mamasa. Pihak terkait khususnya Dinas Perhubungan diharap melakukan tindakan tegas bagi pengendara yang memarkir sembarangan.

“Sekarang kita sedang upayakan memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar parkir kendaraan tidak semrawut,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Mamasa, Domina Mogot Domina, belum lama ini.

Ia mengatakan persoalan utama yang dihadapi pihaknya karena tak ada terminal khusus penumpang. Sehingga sebagian besar supir angkutan umum terpaksa mengambil bahu jalan untuk memarkir kendaraannya menunggu penumpang.

“Sebenarnya berdasarkan aturan salah satu syarat bagi yang punya kendaraan harus memiliki lahan parkir. Karena tidak boleh membeli kendaraan jika tidak punya lahan parkiran,” ungkap mantan Kasatpol PP Mamasa ini.

Pihaknya sudah berupaya menjadikan penanganan parkiran liar sebagai prioritas. “Saya sudah berkomitmen untuk menjadi perhatian khusus, namun tentu berkerjasama dengan pihak kepolisian,” tambahnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top