Demo Aliansi Pemuda Sulbar untuk Rohingya – Radar Sulbar
Radar Metro

Demo Aliansi Pemuda Sulbar untuk Rohingya

Aliansi Pemuda Sulbar Peduli Kemanusiaan menuntut pemerintah mengusir kedubes Myanmar, Rabu 6 September 2017. (Saharuddin/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Puluhan aktivis Aliansi Pemuda Sulbar Peduli Kemanusiaan menuntut pemerintah Indonesia mengusir duta besar Myanmar jika konflik Rohingya tak kunjung berakhir.

Kecaman terlontar atas konflik etnis berkepanjangan yang dikabarkan menimbulkan ribuan korban jiwa. Kekerasan dan pengusiran etnis rohingya di Myanmar dinilai sangat tidak manusiawi.

“Sebagai negara demokrasi dan menunjunjung tinggi kemanusiaan, tentu pemerintah tidak boleh menutup mata. Jika konflik ini tak selesai, kami menuntut pemerintah mengusir Dubes Myanmar dari tanah air,” ujar ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Mamuju, Wais Walqorni dalam unjuk rasa Aliansi Pemuda Sulbar di Mamuju, Rabu.

Selain itu, dia pun meminta Pemerintah RI melayangkan surat protes ke PBB agar konflik tersebut segera terselesaikan. “Indonesia cinta damai. Kami mendesak pemerintah turun tangan dan menjadi pelopor perdamaian konflik di Myanmar,” jelasnya.

Selain itu, aliansi juga meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi atas informasi hoax yang kini marak beredar atas konflik yang terjadi di Myanmar. “Penganut Budha jangan takut, Islam jangan terprovokasi atas oknum yang berniat memperkeruh persoalan ini,” ucap Wais.

Mereka yang tergabung dalam aksi di depan gedung DPRD Mamuju, berasal dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMMI), PMII, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), BEM TEKNIK Tomakaka Mamuju dan Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPM) Mamuju Tengah (Mateng). (rp2/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top