Menggerus Illegal Fishing – Radar Sulbar
Polman

Menggerus Illegal Fishing

Kasatpolair Polres Polman, AKP Jubaedi bersama Kabid Perikanan DKP Polman, Akhmad Sukaemi dan Pengawas Perikanan serta PPNS DKP, Suprapto ketika diskusi Illegal Fishing di Cafe Todilaling Pekkabata, Rabu. (AMRI/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Komunitas Sahabat Penyu dan AJI Kota Mandar, belum lama ini menggelar diskusi terkait maraknya aktivitas illegal fishing di perairan Sulbar.

Acara yang berlangsung di Cafe Todilaling Pekkabata, Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat berharap dapat menggerus penangkapan ikan ilegal yang kerap dilakukan dengan bom atau bius.

Para peserta mendorong agar pelaku maupun penada mendapat efek jera. Disamping penegakan hukum, mekanisme pendekatan budaya untuk menghentikan aktivitas tersebut dinilai perlu digalakkan di tengah masyarakat.

Menurut Peneliti Bahari Mandar Ridwan Alimuddin perlu penyadaran bagi masyarakat untuk tidak menkonsumsi ikan yang ditangkap melalui aktivitas bom dan bius. Jika kampanye pelarangan konsumsi ikan dibom maupun dibius berlangsung massif, tentunya para pelaku menghentikan aksinya.

Tentu saja perlu edukasi bagaimana memilih ikan yang ditangkap menggunakan jaring atau pancing dengan ikan hasil bom atau bius yang berbahaya bagi kesehatan. “Ini sangat penting, mengingat salah satu campuran bahan peledak yang digunakan adanya jenis potasium sianida, yakni sejanis racun yang berbahaya pada tubuh,” kata Ridwan yang juga Ketua AJI Kota Mandar.

Kasat Polair Polres Polman, AKP Jubaedi menjelaskan pihaknya terus melakukan peningkatan patroli di perairan Polman. Dalam setahun terakhir ini aktivitas bom ikan dan bius berkurang karena sebagian nelayan sudah sadar jika aktivitas itu merusak biota laut.

Prev1 of 2

To Top