Maba Unsulbar Diboyong ke Makodim – Radar Sulbar
Pendidikan

Maba Unsulbar Diboyong ke Makodim

Peserta PKKMB Unsulbar tampak serius mengikuti perpainan bola tali yang diberikan TNI, di halaman Makodim 1401 Majene, Rabu 30 Agustus 2017. (KADIR/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), pada Rabu 30 Agustus dialihkan ke Markas Kodim 1401 Majene.

Peserta digembleng pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara. Selain ribuan mahasiswa, dosen dan panitia PKKMB pun serius menyaksikan materi dari Komandan Kodim 1401 Majene, Letkol Inf Rahman.

Bela negara adalah kewajiban semua orang, bukan hanya mahasiswa. Diantaranya, termasuk menjaga dirinya dari ancaman narkoba. “Itu juga bagian bela negara, kesadaran mengenai pentingnya karakter membangun bangsa,” jelasnya, Rabu.

Dijelaskan, kedaulatan negara adalah keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. Mahasiswa harus memahami dan melaksanakan bela negara. Harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi untuk mengisi dan membangun negara. “Ini demi tegaknya dan keutuhan NKRI,” jelasnya.

Disebutkan bahwa bela negara bukan hanya urusan TNI, tetapi kewajiban seluruh warga negara. Pemuda dan mahasiswa berperan sebagai agen perubahan dalam mewujudkan gerakan nasional bela negara.

Sedangkan tugas utama TNI, menjalankan operasi militer menghadapi kekuatan militer negara lawan, baik berupa invasi, agresi, maupun infiltrasi. Selain itu menjalankan OMSP atau operasi militer yang dilaksanakan bukan dalam rangka perang dengan negara lain.

Dandim pun mengajak peserta PKKMB Unsulbar yang berkampus di Majene untuk berkomitmen sebagai pelopor penjaga keutuhan NKRI. Pemuda mahasiswa harus mendukung kemanunggalan TNI dan rakyat, Polri, pemerintah daerah, dan lapisan masyarakat.

Generasi muda sekiranya meningkatkan rasa cinta tanah air, membina kerukunan serta merajut kebersamaan tanpa diskriminatif. “Mari kita bangun semangat persatuan dan kesatuan. Jangan mudah terprovokasi terhadap upaya pihak tertentu yang mengancam keutuhan NKRI,” ajaknya pada maba Unsulbar. (kdr)

To Top