Pedagang Pilih Tenda Ketimbang Ruko – Radar Sulbar
Mamasa

Pedagang Pilih Tenda Ketimbang Ruko

Pasar Mehalaan Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. (ZULFADLI/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Para pedagang enggan memenuhi ruko dan lods Pasar Mehalaan, Kabupaten Mamasa, Sulbar. Pasar ini resmi digunakan September 2016, lalu.

Sebagian besar memilih berjualan di depan pasar dengan memasang tenda lapak. Alhasil, hanya empat pedangan yang menempati ruko pasar tradisional itu.

“Kami sebenarnya mau masuk di ruko asal tidak ada yang berjualan di luar. Persoalannya tidak ada ketegasan dari pemerintah atau penanggung jawab pasar,” ungkap seorang pedagang Pasar Mehalaan, Udin, belum lama ini. Udin sendiri telah mengantongi kunci salah satu ruko.

Pernyataan sama diutarakan pedagang campuran, Warda. Dirinya telah mendapat kunci ruko. “Saya tidak mau masuk ruko kalau yang lain yang dapat kunci tidak masuk juga. Harus adil dong,” ujarnya.

Berbeda dengan Dewi, pedagang lain yang mengaku terpaksa berjualan di halaman depan pasar lantaran tak kebagian ruko.

Dewi menyayangkan ada beberapa pedagang malah dapat dua ruko, namun tak menempatinya. “Kami disini berjualan di tenda karena tidak kebagian ruko di pasar,” jelas Dewi.

Camat Mehalaan Jidon, mengakui pasar yang berada diantara wilayah Desa Mehalaan dan Desa Mehalaan Barat memang belum memadai. Masih butuh pembenahan jalan. Ia berharap pemerintahan dua desa membenahi rute jalur berada di wilayah masing-masing.

Pihaknya berjanji akan segera melakukan penataan lapak setelah pembenahan jalan tuntas dilakukan. (*)

To Top