Warga Diminta Waspadai UN Swissindo – Hacked by TryDee
Matra

Warga Diminta Waspadai UN Swissindo

Pihak OJK dan perbankan saat jumpa pers terkait UN Swissindo di Pasangkayu, Sulbar, Senin 14 Agustus 2017. (ist)

RADARSULBAR.CO.ID — Kehadiran lembaga yang mengatasnamakan diri UN Swissindo meresahkan pihak perbankan dan lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebab memiliki sistem kerja yang dapat merugikan pihak perbankan. UN Swissindo diduga telah memungut uang ke masyarakat khususnya yang memiliki sangkutan di bank dengan iming-iming akan berhubungan dengan pihak perbankan dan melunasi utang masyarakat tersebut. Faktanya, disebut bertolak belakang.

Masyarakat pun diimbau waspada. “UN Swissindo terindikasi telah melakukan kegiatan penipuan, dengan modus penerbitan sertifikat pembebasan utang yang disebarluaskan kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang memiliki sertifikat tersebut terbebas dari kewajiban pembayaran utang di bank,” terang Deputi Direktur OJK Regional VI Makassar, Ahmad Murad, Senin 14 Agustus.

Dia menegaskan bahwa UN Swissindo tidak memiliki kejelasan legalitas. “Keaslian dokumen yang dilampirkan perlu dipertanyakan,” imbuhnya dalam sebuah acara di Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat (Sulbar).

Area Transaction & Funding Manager Bank Mandiri (wilayah Palu, Sulteng, dan Matra), Tono Subagyo mengungkap, masyarakat Matra yang telah terpengaruh dengan iming-iming UN Swissindo terdeteksi di Kecamatan Pasangkayu, Bambalamotu dan Kecamatan Baras.

“Operasional UN Swissindo ini sudah mulai sekira tahun 2015 di Sulteng. UN Swissindo ini cuma PHP (pemberi harapan palsu). Modus voucher M1 ini katanya, akan dicairkan pada 18 Agustus nanti di bank Mandiri,” tambah Kepala OJK Palu, Sulteng, Moh. Syukri A. Yunus.

Sekretaris Badan Kesbangpol Matra, Suhardi, menyampaikan, sejauh ini UN Swissindo belum terdaftar secara resmi di Matra. Ia membenarkan sudah ada sejumlah masyarakat yang terpengaruh dengan UN Swissindo ini. “Ini berbahaya, harus segera dilakukan pencegahan,” terangnya. (nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top