Lomba Perahu Menuju HUT RI – Radar Sulbar
Polman

Lomba Perahu Menuju HUT RI

Lomba Lepalepa menggunakan layar sarung di Desa Sabang Subik Balanipa. Sementara di Tonyaman Kecamatan Binuang balap perahu menggunakan mesin. (ARIF-MABRUR/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Menyambut hari Kemerdekaan RI ke-72 dua desa di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar lomba perahu.

Desa Tonyaman mengelar balapan perahu mesin, sementara di Desa Sabang Subik lomba sampan atau lepalepa menggandalkan tenaga manusia.

Antusias masyarakat utamanya nelayan di dua desa tersebut sangat tinggi. Sejak Sabtu pagi, warga Tonyaman memadati pelabuhan penyeberangan menuju ke Pulao Battoa untuk menyaksikan lomba.

Di Tonyaman, 16 nelayan ikut dalam lomba yang didukung pemerintah desa setempat, Legislator Polman Abubakar Kadir dan legislator Sulbar M. Tasrif.

“Alhamdulillah kita banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak sehingga lomba dalam rangka HUT RI dapat dilaksanakan. Kedepan akan kami laksanakan lebih meriah lagi dengan dua race,” terang Hasanuddin, Ketua Panitia lomba.

Dari Sabang Subik dilaporkan, lomba lepalepa juga diikuti 16 peserta yang digelar Minggu 13 Agustus. Terbagi dalam dua nomor, 8 perahu menggunakan dayung sedangkan
delapan perahu lainnya menggunakan layar khusus dari sarung.

“Lomba menggunakan layar sarung yang paling diminati masyarakat karena seru dan sangat menantang,” kata Haidir Jalil Kepala Desa Sabang Subik, Minggu.

Menurutnya, lomba sampan menggunakan layar sarung merupakan tradisi masyarakat yang perlu dijaga dan dilestarikan.

“Saya akan bicara dengan Dinas Pariwisata agar turut membantu mengelola lomba sampan nelayan ini agar bisa berlangsung dengan meriah,” ungkapnya. (arf-mg11/mkb)

To Top