‘Majene Membaca’ Terus Tumbuh – Radar Sulbar
Pendidikan

‘Majene Membaca’ Terus Tumbuh

Lintas generasi di Majene memadati lapak baca di depan Stadion Prasamsya Majene, Minggu. (FIRDAUS/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Sejumlah komunitas penggiat literasi konsisten meningkatkan minat baca masyarakat Majene melalu “Majene Membaca” yang digelar setiap akhir pekan di depan Stadion Prasamya, Majene, Sulawesi Barat.

Merupakan inisiasi Educare Majene dan sejumlah penggiat literasi dan komunitas lainnya yang ada di Majene dan Polman seperti Museum Pustaka I Manggewilu, Rumpita, Armada Pustaka, Onthel Pustaka, Malakka Pustaka, LKMM, Gempar Majene, Kopi Sendana, Apatar Pamboang, FPPI, Pondok Filsafat, LPKT, Prasbara Polsek Banggae, IAI Cabang.

Termasuk, Majene (Komunitas Farmakope), TBM ASY SYIFA, TBM Allo Simbar, Rumah Baca Tomammesa Pu’awang, PIK M Sehat Unsulbar serta didukung Perpustakaan Pemkab Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

“Alhamdulillah majene membaca telah terselenggara selama 4 minggu dan ada peningkatan pengunjung setiap minggunya. Jadi, kami akan konsisten melaksanakan kegiatan ini setiap akhir pekan,” kata Ketua Educare Majene Ilman Bahri Widyananda Mansyur, Senin.

Agenda ini terselenggara secara suka dan rela oleh semua komunitas yang tergabung di dalamnya.

“Agar meningkatkan minat baca masyarakat, mendorong kultur pendidikan dalam rangka mendukung Majene sebagai pusat pelayanan pendidikan di Sulbar. Juga mengubah mindset di masyarakat bahwa perpustakaan itu harus formal, kaku, dan sebagainya,” sambung Ilman.

Wakil Bupati Majene Lukman yang rutin mengunjungi lapak baca tersebut menyatakan, sangat mendukung kegiatan itu.

“Saya siap 24 Jam untuk mendiskusikan soal-soal pendidikan kini dan kelak, saya juga siap membuka ruang untuk berdiskusi dengan para komunitas jika ada dari pihak pemerintah yang tidak mendukung kegiatan ini,” ujarnya usai membuka salah satu kegiatan di Penginapan B’Nusabila Majene, Selasa. (fir)

Click to comment
To Top