Pengelolaan Pabrik Sawit PT Toscano Harus Dibenahi – Radar Sulbar
Matra

Pengelolaan Pabrik Sawit PT Toscano Harus Dibenahi

Limbah pabrik sawit di Desa Kalola, Kecataman Bambalamotu, Matra, Sulawesi Barat.

RADARSULBAR.CO.ID — Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Mamuju Utara (Matra), Provinsi Sulawesi Barat akhirnya mengeluarkan peringatan untuk PT. Toscano Indah Pratama yang dinilai lalai dalam mengolah limbah.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran, BLHD Matra Andi Akmal, menyebut bahwa pihaknya merekomendasikan agar perusahaan menyiapkan wadah sampah limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), jenis plastik dan botol bekas pakai.

BLHD juga mengeluarkan surat teguran dan meminta pabrik sawit itu segera membanahi sistem pengolahan Crude Palm Oil (CPO) agar tidak meluber dari boiler (penampungan).

“Minyak CPO-nya kadang tumpah dari bolier dan berserakan di areal pabrik, kemudian pembuangan janjang kosongnya juga berserakan. Ini semua kami minta diperbaiki pengelolaannya,” terang Andi Akmal, belum lama ini.

Rekomendasi tersebut, menurut Akmal, harus segera ditindaklanjuti oleh pihak PT. Toscano yang berlokasi di Desa Kalola, Kecataman Bambalamotu, Matra. Apalagi, limbah pabrik berkapasitas 60 ton per jam itu telah menimbulkan bau menyengat hingga ke pemukiman penduduk setempat.

Atas persoalan ini, sejumlah pihak telah mengecam manajemen perusahaan yang dinilai kurang peduli akan lingkungan. Dikhawatirkan dapat membahayakan para pekerja sendiri.

Bahkan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulbar meminta pabrik PT. Toscano dihentikan. Itu setelah melihat beberapa dampak yang telah ditimbulkan. Menurutnya dampak itu telah berakibat fatal pada tata lingkungan hidup sekitarnya.

“Melihat dampak awal yang ditimbulkan, kami secara tegas meminta pabrik itu ditutup,” ujar Bidang Advokasi Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulbar, Jufri. (nur)

Click to comment
To Top