Kemenpar RI Janji Masukkan PIFAF dalam Kalender Nasional – Radar Sulbar
Polman

Kemenpar RI Janji Masukkan PIFAF dalam Kalender Nasional

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuty. (Amri/rdr)

 

RADARSULBAR.CO.ID — Gaung Polewali Mandar International Folk and Art Festival (PIFAF) di Polman, Sulawesi Barat kian besar. Bakal masuk kalender Pariwisata Nasional Kementerian Pariwisata RI.

Itu disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty dalam temu wicara keparisataan di Polman, belum lama ini.

“Insyaallah dalam waktu dekat ini Kementerian Pariwisata RI akan melakukan Rakornas di Riau. Salah satu agenda yang akan dibahas adalah kalender event Kementerian Pariwisata. Saya jamin PIFAF akan menjadi salah agenda,” ujar Esthy di ruang pertemuan Sipamandeq Balitbangren Polman.

Pihaknya berharap PIFAF tahun depan lebih meriah dan lebih banyak peserta dengan waktu penyelenggaraannya yang bersifat paten, agar Kemenpan dapat dengan mudah mempromosikan PIFAF ke mancanegara.

“Saya harapkan Pemkab Polman juga bisa membuat sesuatu hal unik sehingga bisa menjadi ciri khas serta memiliki nilai jual jika dibandingkan event serupa di daerah lain. Salah satunya adalah memperbanyak pelibatan peserta lokal dan nasional sehingga wisatawan memiliki pilihan yang lebih banyak,” sambung Esthy.

Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar (AIM) menyambut baik dan merencanakan agar PIFAF 2018 bukan budaya saja, juga akan menyisipkan tempat-tempat wisata dan pusat kerajinan khas Polman.

“Polman memiliki potensi yang besar, baik potensi alam, budaya dan realigi, hanya saja belum dikelolah dengan maksimal. Yakin saja penyelenggaraan tahun depan akan lebih meriah, dan memang sudah masuk dalam agenda rutin Pemkap Polman,” ujarnya.

Presiden Council of Organizations of Folklore Festivals and FolkArts (CIOFF) Indonesia, Said Rachmat menambahkan untuk gelaran PIFAF tahun depan akan melibatkan minimal 10 negara anggota CIOFF. Dimana akan didonasikan oleh negara Eropa.

“Banyak anggota CIOFF dari Eropa yang tertarik dengan Polman setelah beberapa foto kami sebar di jejaring sosial,” tambahnya. (arf/mkb)

To Top