Tahapan Pilkades Serentak di Majene Mulai Bergulir – Radar Sulbar
Majene

Tahapan Pilkades Serentak di Majene Mulai Bergulir

Kepala PMD Majene, Andi Amran. (edyatma/rdr)

RADARSULBAR.CO.ID — Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak untuk 39 desa se Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat mulai bergulir.

Pihak terkait kini mulai membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) serta Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas). PPKD ditarget rampung 10 Agustus mendatang.

“Pembentukannya dilaksanakan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) di 39 desa bersama pemerintah desa,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Majene, Andi Amran, Kamis 3 Agustus.

PPKD nantinya akan mengusulkan rancangan kebutuhan anggaran pelaksanaan Pilkades untuk diajukan langsung ke bupati. Masa penyusuan dan pengusulan anggaran antara 11-21 Agustus. “Setelah rampung dilanjutkan pembekalan PPKD dan Panwas pada 21 hingga 27 Agustus,” sambung Amran.

Tahap selanjutnya, PPKD akan menyusun daftar pemilih. Prosesnya mulai pendataan hingga penetapan daftar pemilih tetap (DPT) serta Daftar Pemilih Tambahan (DPTB). Proses itu diselenggarakan pada Agustus hingga September.

Jika data pemilih rampung, dibuka pendaftan dan penetapan calon kepala desa. Tahap itu juga berlangsung dari Agustus hingga September. “Sebab 15 Oktober 2017 kita sudah gelar pemungutan suara,” pungkasnya.

Adapun 39 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak 2017, tersebar di Kecamatan Banggae, Pamboang, Sendana, Tammerodo Sendana, Tubo Sendana, Malunda, dan Kecamatan Ulumanda. (edy/red)

To Top