Bahagianya Peserta PIFAF di Pantai Mampie – Radar Sulbar
Polman

Bahagianya Peserta PIFAF di Pantai Mampie

Peserta PIFAF dari lima negara dan pendukung dari AEISEC melakukan pelepasan tukik di Pantai Mampie, Rabu. (Arif/rdr)

RADARSULBAR.CO.ID — Hari kedua, Peserta Polewali Mandar Folk and Art Pestival (PIFAF) dari CIOFF dan AEISEC, melakukan pelepasan tukik dan menanam 500 bibit mangrove di bibir Pantai Mampie, Polman, Sulawesi Barat.

Salah satu peserta dari Slovakia, Roberta mengaku sangat senang berkegiatan di Polman. Selain karena masyarakat yang ramah, kawasan pantainya dinilai menarik.

Ia terlihat begitu bersemangat mengikuti agenda di pantai Mampie, utamanya saat melepas Tukik. “Saya suka berada disini, masyarakat ramah dan pemandangan laut indah, beda dengan negara saya,” ungkapnya dalam bahasa Inggris, Rabu.

Ketua Panitia PIFAF, Mustari Mula mengatakan bahwa ada tiga agenda kegiatan yang dilakukan pada kesempatan kunjungan para peserta di Pantai Mampie.

Selain penanaman mangrove dan pelepasan tukik, wisatawan juga diajak untuk menikmati permainan tradisional masyarakat Mandar, Magasing kemudian dilanjutkan gathering wisata pantai.

Sementara Ketua Sahabat Penyu, Yusri Mampie mengatakan bahwa penanaman mangrove dan pelepasan tukik untuk memperlihatkan bagaimana masyarakat tetap menjaga alam terutama habitat lingkungan dan hewan langka, seperti penyu.

Ia pun meminta pemerintah daerah tetap mengagendakan upaya pelestarian, melarang jual beli telur serta membantu panangkaran. “Penyu Polman ini sudah Go Internasional melalui jaringan WWF,” ungkapnya. (arf/mkb)

To Top