2 Tahun Terima Sertifikat, 2018 Bidik Piala Adipura – Radar Sulbar
Ragam

2 Tahun Terima Sertifikat, 2018 Bidik Piala Adipura

Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar (AIM) menerima penghargaan sertifikat adipura dari Menteri LHK, Siti Nurbaya di Jakarta, belum lama ini. (Amri/rdr)

RADARSULBAR.CO.ID — Tahun ini, Pemkab Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat kembali menorehkan prestasi di bidang kebersihan dengan meraih serifikat Adipura.

Pada tahun kedua ini, Polman mendapat peningkatan dalam pengelolaan lingkungan. Polman meraih nilai 73, kurang dua poin dari passsing great penerima kategori Piala Adipura (75 poin).

Kendalanya, Dewan Adipura Nasional masih menilai penanganan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang masih perlu dibenahi. Saat verifikasi P1, TPA Amola mendapatkan poin lumayan, yakni 74. Hanya saja masih ada beberapa kekurangan, termasuk belum adanya pagar dan infrastruktur pendukung seperti pos jaga dan jembatan timbang.

Inilah yang menjadi salah satu konsen Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar (AIM). “Sebenarnya tahun ini kita bangun beberapa fasilitas pendukung seperti pengelolaan bio gas dari sampah. Hanya saja saat tim penilai turun baru sementara dikerjakan sehingga nilainya belum maksimal. Kita juga sudah programkan pembangunan jembatan timbangnya, pos pengamanan dan pagar. Insya Allah tahun depan jika sejumlah falilitas di TPA akan dibenahi,” terang AIM usai menerima sertifikat Adipura, Rabu malam lalu.

Bupati juga meminta meminta masyarakat untuk tidak bosan bosannya menjaga lingkungan. “Semua elemen di Polman dapat bersamasama menciptakan kebersihan, keindahan dan menjaga lingkungan tetap lestari,” ujarnya.

Koordinator tim Adipura Polman, Darwin Badaruddin mengatakan untuk meraih piala Adipura tahun depan seluruh elemen masyarakat di Polman harus meningkatkan kinerja dan lebih banyak lagi belajar terkait penanganan lingkungan.

“Kita butuh kerja keras dan gerakan masif mengatasi semua masalah lingkungan. Kita tetap bersemangat untuk berbuat maksimal agar tahun depan Piala Adipura sudah bisa diraih,” terangnya. (mkb)

To Top